Ambon (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyiapkan formasi 473 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk seleksi penerimaan pada Agustus 2013.

"Kami menyiapkan formasi 473 tenaga," kata Kepala Badan kepegawaian Kota (BKK) Ambon Benny Selanno di Ambon, Senin.

Menurut dia, 473 tenaga itu mencakup guru tingkat SMA dan SMK sebanyak 185 orang, tenaga kesehatan 85 orang, dan tenaga teknis (administrasi) 203 orang.

Analisis formasi CPNS Kota Ambon telah disampaikan ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan).

"Kami masih menunggu putusan Menpan, jika tidak mengalami hambatan kemungkinan penerimaan CPNS sudah dapat dilaksanakan Agustus hingga September 2013," kata Benny.

Ia mengatakan persyaratan mengikuti seleksi CPNS tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya yakni ijazah dan kelengkapan administrasi pelamar harus resmi.

"Batas usia pelamar 35 tahun, penetapan pelamar juga disesuaikan permintaan SKPD terkait, serta disesuaikan kebutuhan kerja," ujarnya.

Ia mengakui kendala yang dihadapi selama ini yakni menerima tenaga tidak sesuai formasi dan kebutuhan yang diharapkan.

"Jumlah pegawai Kota Ambon kelihatan besar tetapi tidak berfungsi dengan baik, seperti dari segi rasio pelayanan seharusnya satu PNS melayani 1.000 jiwa tetapi kenyataanya berbeda," ujarnya.

Dijelaskannya, kebijakan penerimaan CPNS juga disesuaikan dengan anggaran belanja pegawai, karena bila tidak mencukupi akan menjadi masalah.

"Kebijakan ini akan dilihat secara realistis untuk kepentingan bersama warga kota," katanya.

Benny menambahkan, pada tahun 2013 ada 243 PNS yang akan mengakhiri masa tugas atau pensiun.

"Kami membutuhkan tenaga baru yang siap membantu Pemkot Ambon dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan," katanya.

Editor: John Nikita
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar