Selasa, 28 Maret 2017

Lomba Mancing Piala Presiden Diminati Peserta Mancanegara

id Mancing
Ternate, 15/3 (Antara Maluku) - Lomba mancing memperebutkan piala Presiden di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara penyelenggaraanya dijadwalkan pada akhir Oktober 2017 diminati peserta dari mancanegara.

"Sejauh ini ada enam klub pemancing dari mancanegara, di antaranya Australia yang telah menyatakan keinginannya untuk mengikuti lomba tersebut," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku Utara, Buyung Rajiloen, di Ternate, Rabu.

Lomba mancing piala Presiden yang diberi nama "Widi Fishing International Tournament" itu diselenggarakan atas kerja sama antara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata, Pemprov Maluku Utara dan Pemkab Halmahera Selatan.

Menurut Buyung Rajiloen, lomba mancing yang memperebutkan Piala Presiden yang merupakan pertama kali digelar di Indonesia itu diharapkan dapat diikuti sedikitnya 300 pemancing profesional dari dalam dan luar negeri, serta melibatkan ribuan kapal nelayan di Halmahera Selatan.

Lokasi penyelenggaraan lomba mancing yang rencananya dibuka Presiden Joko Widodo tersebut akan dipusatkan di kawasan perairan Pulau Widi, salah satu objek wisata bahari andalan Halmahera Selatan.

Penyelenggaraan lomba mancing akan dijadikan kegiatan tahunan itu, dimanfaatkan menjadi momentum bagi Maluku Utara, khususnya Halmahera Selatan untuk mempromosikan potensi pariwisata bahari di daerah itu.

Potensi pariwisata itu tidak hanya berupa keindahan panorama pantai dan bawah laut, khususnya yang ada di kawasan Pulau Widi, tetapi juga potensi wisata mancing yang belakangan ini semakin banyak diminati wisatawan dari mancanegara.

Buyung menambahkan, penyelenggaraan lomba mancing piala Presiden tersebut juga diharapkan dapat memberi kontribusi bagi peningkatan pendapatan masyarakat di daerah itu, khususnya para nelayan di antaranya dari penyewaan kapal ikan yang akan digunakan para peserta.

Editor: John Nikita

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga