Jumat, 28 April 2017

Warga Tarui Butuh Sarana Air Bersih

id Warga Tarui
Ambon, 20/3 (Antara Maluku) - Warga desa Tarui, kecamatan Tutuktolu, kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) membutuhkan bantuan pemerintah dalam membangun sarana air bersih di daerah itu.

"Sumber airnya tidak masalah karena memiliki potensi yang memadai tetapi perlu dibangun jaringan pipa, bak penampung dan pemasangan mesin pompa," kata anggota komisi C DPRD Maluku, Raat Rumfort, di Ambon, Senin.

Meski pun sumber air cukup baik tetapi warga lebih mengharapkan adanya campur tangan pemerintah, baik melalui Balai Wilayah Sungai Maluku atau pun Prasarana Sumber Daya Air (PSDA) Dinas PU Maluku untuk menyediakan air minum yang lebih layak.

Menurut Raat, aspirasi warga Tarui ini sudah disampaikan saat melakukan kunjungan reses ke kabupaten SBT, beberapa waktu lalu.

"Kami telah meneruskan aspirasi ini kepada dinas/instansi terkait dan diharapkan bisa ada realisasinya seperti sarana air besih yang dibangun di kecamatan Wahai maupun Tehoru," kata anggota DPRD Maluku asal Dapil Kabupaten SBT ini.

Menurut dia, sarana air bersih yang dibangun PSDA Dinas PU Maluku di kecamatan Wahai dinilai baik karena sumber airnya dari dalam gua karang dan menggunakan solar sell sebagai pembangkit listrik dari tenaga matahari.

Kemudian dibangun jaringan pipa menuju bak penampung berkekuatan 100 meter kubik dan mampu melayan ratusan pelanggan di daerah tersebut.

"Kami melihat sumber air baku di desa Tarui juga sangat potensial dan mampu melayani ratusan pelanggan di sana. Hanya saja, perlu dibangun jaringan pipa dari sumber air menggunakan solar sell serta membuat bak penampungan air," tandas Raat.

Editor: John Nikita

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga