Selasa, 22 Agustus 2017

Puluhan Siswa SMP di Ambon UN Susulan

id SMP, Ambon
Ambon, 18/5 (Antara Maluku) - Sebanyak 50 siswa SMP dan MTs di Kota Ambon, Maluku, akan mengikuti ujian nasional susulan yang dijadwalkan berlangsung 22-23 Mei 2017.

"Puluhan siswa yang akan mengikuti ujian susulan karena saat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maupun Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) karena sakit," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon Benny Kainama di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan puluhan siswa yang akan mengikuti ujian susulan tersebar di sejumlah SMP di Kota Ambon diantaranya SMPN 1 sebanyak tiga orang, SMPN 10 tiga orang, sedangkan untuk SMPN 4, 9, 10, 11, 14,15, 19, 20 dan SMP 21 masing-masing satu siswa.

Sementara untuk siswa MTs terbanyak pada pada Al-Wathan lima orang, Al-hijrah empat orang, dan peserta terbanyak yakni siswa SMP terbuka delapan orang,

"Cukup banyak siswa yang sakit saat UN berlangsung, hal ini merupakan satu hal yang lumrah terjadi karena disebabkan kesehatan mereka terganggu," ujarnya.

Menurut Benny, pelaksanaan ujian susulan akan dipusatkan di kantor dinas Pendidikan untuk memudahkan proses pengawasan ujian baik itu UNBK maupun UNKP.

Terkait pelaksanaan ujian, pihaknya juga telah menyampaikan pemberitahuan ke setiap sekolah untuk mempersiapkan siswa ikut ujian susulan.

Saat pelaksanaan ujian para guru juga diminta untuk mendampingi siswa tetapi diperbolehkan hanya mengawasi dari luar ruangan. Pihaknya berupaya agar ujian susulan ini berlangsung sesuai mekanisme.

"Kami berupaya agar ujian berlangsung sesuai mekanisme, dan para siswa yang ikut ujian susulan ini tetap akan diperlakukan sama ketika UNBK/UNKP berlangsung," tandasnya.

Benny menambahkan mata pelajaran yang diujikan sama seperti pelaksanan UNBK dan UNKP tetapi perbedaanya adalah ujian susulan hanya berlangsung dua hari, sesuai mata pelajaran yang belum diuji.

"Kami berharap siswa yang akan mengikuti ujian susulan dapat mempersiapkan diri dengan baik, mereka tidak akan dibantu karena harus berusaha sendiri untuk bisa menyelesaikan soal ujian tersebut," katanya. 

Editor: John Nikita

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga