Senin, 25 September 2017

Gubernur Sedih Ketua KPU Maluku Wafat

id Gubernur, Maluku
Ambon, 10/9 (Antara Maluku) - Gubernur Maluku Said Assagaff mengungkapkan kesedihannya sehubungan Ketua KPU setempat, Musa Latua Toekan, wafat di rumah sakit Cahaya Kehidupan milik Gereja Protestan Maluku (GPM) di Ambon, Sabtu (9/9) malam, sekitar pukul 19.35 WIT.

Kabag Humas Pemprov Maluku, Bobby Palapia, dikonfirmasi, Minggu, mengatakan, Gubernur Said sedih karena KPU setempat sedang melaksanakan tahapan awal pemilihan Gubernur dan Wagub pada 27 Juni 2018.

"Beliau orang baik. Maluku kehilangan orang baik yang profesional dalam mengemban tugas sebagai penyelenggara Pemilu," ujar Bobby mengutip pernyataan Gubernur Said.

Karena itu, Gubernur mendoakan agar almarhum Musa yang dilantik menjadi Ketua KPU Maluku pada 11 Maret 2014 diterima di sisi Allah.

Almarhum orang baik dan profesional dalam mengemban tugas sebagai penyelenggara Pilkadanya di kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Buru, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Maluku Tenggara Barat (MTB) pada 15 Februari 2017.

Sebelumnya, Pilkada serentak kelompok pertama di Maluku pada 9 Desember 2015 meliputi Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Kabupaten Buru Selatan dan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Sedangkan, Pilkada serentak kelompok ketiga dijadwalkan 27 Juni 2018 yakni Bupati Maluku Tenggara dan Wali Kota Tual yang masa jabatan masing-masing berakhir pada 31 Oktober 2018 serta Pilkada Maluku dengan Gubernur, Said Assagaff dan Wagub, Zeth Sahuburua.

Bobby mengakui, Gubernur sedih karena almarhum ternyata gagal berangkat dari embarkasi haji Bandara Sultan Hasanudin Makassar menuju Bandara King Abdul Azis Jeddah, Arab Sau di pada 6 Agustus 2017 karena menderita penyakit gagal ginjal.

Padahal, saat itu almarhum seharusnya bersama Istirnya Ny. Rosmala Amahoru menunaikan rukun Islam kelima yang telah mengantri selama enam tahun.

"Gubernur semakin sedih karena sebelumnya Ketua Bawaslu Maluku, Fadly Latua Silawane juga wafat pada 31 Juli 2017. Musa adalah paman dari Fadly," tandas Bobby.

Musa yang juga Dosen Fisip Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon itu dijadwalkan dimakamkan di TPU Warasia, desa Batumerah Atas, kecamatan Sirimau, kota Ambon pada Minggu (10/9) petang.

Editor: John Nikita

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga