Masjid Raya Al Fatah Ambon, Provinsi Maluku membagikan 500 lembar kupon kepada fakir miskin di Kota Ambon untuk ditukarkan dengan daging hewan kurban yang akan disembelih pada Rabu (17/11) di halaman masjid.

Koordinator lapangan panitia Idul Adha La Empy kepada ANTARA di Ambon, Selasa menjelaskan, dari 500 lembar kupon yang sudah diedarkan itu, 100 di antaranya dibagikan kepada pegawai yayasan masjid dan  karyawan Rumah Sakit Umum Al-Fatah.

Sedangkan 400 lembar kupon sisanya diedarkan kepada masyarakat yang bermukim di Kelurahan Waehaong 40 lembar, Kelurahan Air Salobar 40 lembar, kawasan Kebun Cengkeh dan Galunggung, Desa Batumerah masing-masing 60 lembar dan sisanya disebarkan ke masing-masing desa dan kelurahan lainnya.

Menurut La Empy, panitia juga masih menyiapkan sejumlah kupon yang nantinya akan dibagi pada saat pemotongan hewan kurban berlangsung, sebab pengalaman dari tahun ke tahun, biasanya masyarakat yang datang melebihi kupon yang diedarkan.

Menyangkut penyediaan hewan kurban, panitia telah menyiapkan tiga ekor sapi dan delapan ekor kambing.

Tiga ekor sapi di antaranya merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Maluku, Pemerintah Kota Ambon dan Ketua DPRD Provinsi Maluku, sedangkan sisanya disiapkan oleh Pengurus Masjid Raya Al Fatah.

Dia menambahkan, jumlah hewan kurban ini sudah pasti akan bertambah pada saat hari pelaksanaan pemotongan hewan, sebab biasanya ada saja orang-orang tertentu yang menyumbangkan hewan yang di bawah langsung pada hari raya.

"Cara memberi bantuan seperti ini sudah berlangsung setiap tahun, biasanya mereka mengantarkan langsung ke halaman masjid pada saat acara pemotongan," ujarnya.

Ia menjelaskan, setiap fakir miskin akan mendapatkan satu kilogram daging kurban, sedangkan pegawai yayasan dan karyawan RSU Al-Fatah akan mendapatkan 0,5 kilogram saja, karena pembagian hewan kurban bagi mereka hanya sebagai ucapan terima kasih atas kerja sama yang dilakukan selama ini.

Editor:
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar