Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Tanimbar di Provinsi Maluku menargetkan pelayanan vaksinasi COVID-19 massal di Saumlaki, ibu kota Kabupaten setempat bisa menjangkau minimal 1.000 orang dalam sehari.

"Kita menarget minimal 1.000 orang divaksin pada 26 Juni 2021. Kita mempunyai ketersediaan vaksin Sinovac itu ada 2.800 dosis," kata Bupati Kepulauan Tanimbar,  Petrus Fatlolon saat meninjau pelayanan vaksinasi masal di Gedung Kesenian Saumlaki, Sabtu.

Ia menjelaskan, pelayanan vaksinasi massal tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan cakupan vaksinasi COVID-19 menjadi satu juta orang per hari guna mempercepat terwujudnya kekebalan komunal terhadap COVID-19.

Bupati mengatakan bahwa pelayanan vaksinasi massal selanjutnya akan dilaksanakan di Kota Larat, Kecamatan Tanimbar Utara, Kecamatan Selaru, serta beberapa desa di Kecamatan Kormomolin yang menjadi lokasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111.

"Khusus untuk Maluku, kita Tanimbar mendapat porsi 800 dosis, tetapi karena kita punya vaksin ada sebanyak 2.800 dosis vaksin Sinovac, maka Pak Bupati arahkan untuk tanggal 29 Juni nanti kita lakukan (vaksinasi) di Tanimbar Utara (menggunakan) sebanyak 500 (dosis) dan desa-desa TMMD yakni di Kormomolin memperoleh 500 (dosis). Sisanya itu kita arahkan nanti ke Selaru," kata Kepala dinas Kesehatan kabupaten Kepulauan Tanimbar dr. Edwin Tomasoa.

Ia menambahkan, vaksinasi COVID-19 baru dilakukan pada sekitar 5.000 orang di Tanimbar.

Pemkab Kepulauan Tanimbar berencana memvaksinasi sebagian besar penduduknya.

"Target kita selanjutnya pada 2021 sebagian besar masyarakat dari total 67 ribu warga sudah bisa divaksin," kata Bupati.

 
Sejumlah warga mengikuti vaksinasi massal di Saumlaki, Provinsi Maluku, Sabtu (26/6/2021). (ANTARA/Simon Lolonlun)

 

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021