Pengurus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maluku Utara (Malut) menjadwalkan proses Musyawarah Cabang (Muscab) Dewan Pengurus Cabang (DPC) kabupaten dan kota di Provinsi Malut bakal dilaksanakan di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel). 

"Sebelumnya, sudah dilakukan Pra Muscab untuk penataan seluruh struktur partai. Ini dilakukan  dalam rangka mematangkan seluruh pembahasan, baik calon ketua sampai persoalan internal cabang, sudah harus diselesaikan di tingkat Pra Muscab," kata Ketua DPW PKB Provinsi Malut, Jasri Usman kepada ANTARA, Kamis.

Dia mengatakan, Muscab PKB Kabupaten/kota akan dimulai pada 24 Oktober dan berakhir pada Minggu pertama November 2021. 

"Saat ini panitia provinsi dan kabupaten/kota sementara menyusun jadwal Muscab PKB Kabupaten/kota, yang Insya Allah akan dimulai pada 24 Oktober hingga Minggu pertama November 2021," katanya.

Menurut Jasri yang juga sebagai Wakl Wali Kota Ternate ini, Muscab yang dilakukan sebagai sarana untuk melakukan evaluasi, penyempurnaan, pembenahan dan penyusunan rencana kerja serta perjuangan yang harus dilakukan sat ini dan masa yang akan datang. Terutama persiapan untuk Pemilu 2024.

Muscab akan dilakukan pertama di Kota Ternate, 24 Oktober dan penutup di Halmahera Selatan, yang dijadwalkan awal Novermber 2021. 

"Berharap Muscab nanti tidak ada masalah dana berjalan lancar dan sukses," katanya, seraya menambahkan, hanya dua daerah yang belum bisa dilakukan Muscab, yakni Kabupaten Kepulauan Sula dan Halmahera Tengah. 

Sementara itu, Jasri menyatakan, hasil survey elektabilitas partai politik yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), yang menempatkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berada di posisi ketiga, bersama PDI Perjuangan dan Golkar, mendapat respon dari Ketua Wilayah PKB Provinsi Maluku Utara, Jasri Usman.

Jasri Usman yang juga Wakil Wali Kota Ternate mengatakan, hasil survey yang dilakukan memberikan motivasi bagi kader PKB di Maluku Utara untuk terus bekerja menyambut Pemilu 2024. 

"Mudah-mudahan rekan-rekan PKB di kabupaten/kota hasil kerja di lapangan tidak terlalu jauh hasil survey nasional dan lokal, provinsi Malut. Karena hasil konsoilidasi PKB Malut sudah dilakukan, " katanya.

Menurut Jasri, kondisi yang ada PKB di Maluku Utara untuk pemilu 2024, sudah mempunyai target masuk posisi 3 besar, sekaligus mengantarkan kader PKB menuju ke Senayan (DPR RI).
Bahkan, dirinya bersama Bupati Halsel, Usman Sidik diberikan tanggung jawab besar oleh DPP PKB, untuk distribusi 1 kursi DPR RI dari Dapil Maluku Utara. 

"Saya sudah lakukan pembicaaran dengan bupati, sebagai bentuk tanggung jawab untuk bersama-sama bekerja untuk memenuhi target yang diembankan yakni merebut 1 kursi DPR RI," katanya.

Baca juga: Muhaimin Iskandar optimis PKB tembus tiga besar Pemilu 2024, ini alasannya
Baca juga: Muhaimin : Musyawarah Wilayah momentum titik awal kebangkitan PKB

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021