Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, mengapresiasi pencapaian Ambon sebagai kota musik dunia versi Unesco.

"Saya mencatat beberapa poin penting terhadap pencapaian di peringatan kedua Ambon sebagai kota musik. Saya memberikan apresiasi kepada kota Ambon baik pemerintah maupun masyarakatnya ," katanya di Ambon, Jumat malam.

Dikatakannya, Pemkot maupun masyarakat Ambon memberikan ruang yang luar biasa bagi musisi dan komunitas musik untuk membangkitkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Di sisi lain, pandemi COVID-19 menghantam kehidupan divsemua sektor terutama pariwisata dan ekonomi kreatif.

Musik , katanya menjadi salah satu sektor yang terdampak kesehatan, karena musik harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sandiaga  mengatakan, Ambon sebagai kota musik dunia, sering digaungkan sehingga harus diapresiasi atas pencapaian yang telah diraih dan dicapai sampai saat ini.

Kemenparekraf,  lanjutnya, juga mengawal pencapaian Ambon sebagai kota musik dunia versi Unesco, sebagai satu-satunya kota di Asia Tenggara yang berkontribusi nyata untuk pembangunan berkelanjutan melalui pemikiran kreatif dan inovatif.

"Kota Ambon merupakan ikon city of musik yang memiliki nilai jual yang tinggi," ujar Sandiaga. .

Dia juga  ingin memberikan apresiasi kepada salah satu musisi Indonesia yang menyuarakan Ambon sebagai kota musik dunia yakni mendiang Glenn Fredly.

"Almarhum pasti tersenyum melihat bahwa kecintaannya kepada musik Indonesia bagian timur khususnya kota Ambon, bukan hanya dilahirkan melalui musik, tetapi melalui ekonomi kreatif seperti film dan karya lainnya, dan Ambon sangat bangga memiliki talenta yang sangat baik," tandasnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021