Lima desa dan negeri di kota Ambon menjadi contoh program desaku rumahku, guna meningkatkan capaian imunisasi rutin.

Lima desa dan negeri menjadi proyek percontohan dengan melibatkan kader Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Hative Kecil, Tawiri , Amahusu, Air Besar dan desa Nania , kata Kepala Dinas Kesehatan kota Ambon, Wendy Pelupessy, Rabu.

Ia mengatakan, program desaku rumahku setiap kader posyandu bertanggung jawab penuh terhadap derajat kesehatan anak-anak yang berusia di bawah dua tahun.

Para kader katanya, meningkatkan imunisasi rutin seperti Imunisasi BCG mencegah penyakit TBC, Polio mencegah penyakit Polio, DPT mencegah penyakit dipteri, batuk rejan dan tetanus, imunisasi HB mencegah penyakit Hepatitis B (sakit kuning) dan campak di posyandu.

"Kader posyandu bisa menjadi "chage of agent" di masyarakat terkhusus dalam meningkatkan capaian imunisasi di Kota Ambon dalam rangka menuju Ambon sehat," ujarnya.

Program tersebut kata Wendy, ibarat rumah yang batu bata tersusun rapi, sehingga jika ada bata yang tidak tersusun akan memperlemah rumah itu.

"Sama dengan ketika ada anak yang tidak tervaksinasi atau tidak terimunisasi, berarti program tidak berjalan maksimal sehingga terjadi kerentanan," katanya.

Ia menambahkan, keberhasilan pelaksanaan imunisaai tidak terlepas dari kader posyandu.

Kader posyandu merupakan ujung tombak program kesehatan pemerintah, khususnya ibu dan anak, dan hal ini bukanlah pekerjaan yang mudah.

"Mereka dituntut memberikan pelayanan sekaligus penyuluhan kesehatan disetiap waktu kepada warga, melalui progran desaku rumahku desa dan negeri lainnya dapat meningkatkan peran kader posyandu," tandasnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022