Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) intensif melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 di wilayah Malut dengan mengukur upaya dalam penanganan melalui rapat analisa dan evaluasi (anev) vaksinasi.

"Anev ini bertujuan agar pelaksanaan kegiatan vaksinasi dapat berjalan lancar sesuai yang diharapkan, sehingga target dari pemerintah pusat dapat tercapai," kata Wakapolda Malut, Brigjen Pol Eko Para Setyo Siswanto di Ternate, Rabu.

Menurut dia, Polda Malut juga telah menginstruksikan kepada seluruh Kapolres jajaran secara virtual dengan agenda rapat percepatan vaksinasi.

Wakapolda juga mengharapkan para Kasat Binmas bisa berkoordinasi dengan dinas pendidikan maupun dinas kesehatan setempat untuk melaksanakan sosialisasi di sekolah-sekolah untuk percepatan vaksinasi.

Diharapkan bahwa minggu ini para Kapolres sudah melaksanakan kegiatan sosialisasi bersama dinas pendidikan dan dinas kesehatan setempat dengan diikuti oleh seluruh siswa-siswi, katanya.

Sementara itu, berdasarkan laporan harian COVID-19 Provinsi Malut per 30 Maret 2021, untuk jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 14.422 orang, kasus sembuh 13.613 orang, meninggal dunia 322 orang, kasus aktif COVID-19 mencapai 487 orang, menjalani perawatan di RSU 22 orang dan isolasi mandiri 465 orang.

Sebelumnya, Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Malut menggelar pelaksanaan vaksinasi dengan sasaran di lingkungan karyawan perbankan di Kota Ternate, guna mendukung target percepatan vaksinasi yang diberikan oleh pemerintah pusat.

Kabinda Malut, Laksamana Pertama TNI (Mar) Imam Sopingi menyatakan, dalam pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan kepada karyawan perbankan di Bank Sinarmas tersebut, sebagai langkah dari Binda untuk menjemput bola dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Menurutnya, pemerintah pusat sudah mengizinkan masyarakat untuk mudik lebaran tahun ini dengan syarat perjalanan bagi pemudik yakni harus melakukan vaksinasi dosis kedua dan booster, untuk membentuk kekebalan tubuh, sehingga dapat terhindar dari virus COVID-19.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022