Maskapai penerbangan Wings Air menyatakan, jumlah penerbangan di rute Ternate - Ambon dari dan menuju Bandara Sultan Babullah, Provinsi Maluku Utara,  selama Ramadhan hingga H-1 Idul Fitri 1443 H ditambah menjadi enam kali dalam sepekan.

"Aktivitas penerbangan untuk rute Ternate-Ambon selama Ramadhan hingga menjelang lebaran dibuka setiap hari, kecuali di hari Rabu tidak beroperasi," kata Supervisor Lion Air Cabang Ternate, Alfian Hi Logah kepada ANTARA di Ternate, Minggu.

Untuk pesawat yang akan digunakan adalah tipe pesawat ATR 72-500 atau ATR 72-600 yang berkapasitas 72 kursi Kelas Ekonomi dengan tata letak 2-2 dan pada pesawat ATR, proses naik dan turun penumpang akan dilakukan melalui pintu belakang dan hal ini merupakan upaya untuk meminimalisasi interaksi bertatapan langsung antarpenumpang.

Dia menyatakan, sebelumnya, jadwal penerbangan akan tersedia 3 kali dalam seminggu, yakni pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu, akan tetapi pada Ramadhan hingga saat ini menjadi enam kali dalam seminggu yakni pada Senin, Selasa, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu.

Dia menyebut, di hari normal biasanya tarif Wings Air untuk sekali jalan rute Ternate-Ambon adalah mulai dari Rp839.600,sedangkan tarif Wings Air sekali jalan untuk rute Ambon-Ternate adalah mulai dari Rp864.600.

Akan tetapi, pada Ramadhan hingga arus mudik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah ini, harga tiket untuk Ternate-Ambon PP pada hari ini hingga hari H lebaran Idul Fitri berkisar Rp928 ribu per orang.

Baca juga: Garuda jadwalkan penerbangan ekstra ke Ambon layani pemudik, atasi lonjakan penumpang

Sebelumnya pula, maskapai penerbangan Wings Air menambah frekwensi penerbangan rute Ternate-Manado Sulawesi Utara, menyusul tingginya penumpang arus mudik dari dan ke Ternate untuk berlebaran di kampung halamannya.

pihaknya menambah frekwensi penerbangan untuk rute Ternate-Manado, karena padatnya penumpang yang menggunakan jasa transportasi udara.

"Khusus maskapai Wings flight untuk rute Ternate-Manado biasanya flight 6 kali sehari, tetapi karena padatnya penumpang arus mudik dari Ternate ke Manado, sehingga pihaknya menambah satu flight pada pagi hari menjadi tujuh kali sehari untuk memenuhi kebutuhan arus mudik dari Ternate ke Manado," katanya.

Kendati telah menambah frekwensi penerbangan untuk pagi harinya, tetapi masih banyak penumpang yang tidak mendapatkan tiket karena ada penumpang yang sudah memesan tiket jauh-jauh hari sebelum H-2 lebaran Idul Fitri.

Dia menyebut, untuk pesawat rute Ternate ke berbagai kota seperti Makassar dan Jakarta menggunakan Lion Air boing 738 dan pesawat air bus dengan penumpang setiap flight 189 penumpang dengan tiga kali flight.

Baca juga: Penumpang arus mudik H-1 Lebaran di Pelabuhan Ternate capai 18.365 orang

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022