Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI)  Maluku Utara menggelar  Grassroots Football Festival 2022 dalam rangka turnamen sepak bola Elang Cup, yang dilangsungkan di lapangan Gelora Kie Raha, Ternate.

"Pergelaran Grassroots Football Festival ini dimulai tanggal 18-21 Agustus 2022, yang terdiri dari 4 kategori usia yaitu Usia 9, 10, 11 dan 12 tahun," kata Ketua Panitia Grassroots Football Festival 2022 Muhaimin Sahril di Ternate, Jumat.

Dia mengatakan,  Grassroots Football Festival 2022 ini dilaksanakan berdasarkan rekomendasi
Asprov PSSI Maluku Utara Nomor : 10/ASPROV.PSSI-MU/VII/2022, tertanggal 29 Juli 2022 ditandatangani Ketum Asprov PSSI Malut Drs. Edi Langkara yang tembusannya ke Ketum PSSI Pusat H. Mochamad Iriawan. 

Grassroots Football Fest 2022 ini semua SSB yang mengikuti akan mendapat piagam serta penghargaan dari masing-masing kategori usia mendapat piala tetap Juara 1, 2 dan 3. Medali tetap juara 1, 2 dan 3 juga piagam prestasi juara 1, 2 dan 3. Mereka yang memperebutkan piala bergilir elang cup keluar sebagai juara umum. 

"Festival ini diikuti oleh 142 tim dari 31 SSB yang ada di Maluku Utara dengan jumlah pemain 1.704 siswa SSB," kata Muhaimin. 

Sementara anggaran pada festival ini semuanya bersumber dari Edi Langkara selaku Ketua Umum Asprov PSSI Malut, dan partisipasi dari PT Addis Pratama Persada serta PT Anugerah Fasad Sejati.

Pembukaan dan Penyerahan Piala bergilir ke Panitia kegiatan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Asprov PSSI Malut Edi Langkara, yang didampingi Jajarannya, mantan Ketua Asprov PSSI Malut Adam Marsyaoli, Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara Kuntu Daud, Kapolres Ternate AKBP Andik Purnomo Sigit yang mewakili oleh Kabag Ops Polres Ternate AKP Henri Alfredo Korwa dan Kadispora Kota Ternate Sutopo Abdullah. 

Ketua Asprov PSSI Maluku Utara, Edi Langkara mengatakan, hari ini dalam pembukaan Grassroot Football Festival Piala Bergilir Elang Cup tahun 2022 U9, U10, U11 dan U12 tahun yang dilakukan oleh Asprov PSSI Malut

"Festival ini diikuti oleh 142 tim dari 31 SSB yang ada di seluruh Provinsi Maluku Utara dengan jumlah pemain 1.704 siswa SSB, yang akan memperebutkan piala Bergilir Elang Cup," Jelasnya. 

Baca juga: Ketum PSSI: Timnas U-16 Indonesia ikuti perayaan HUT RI di Istana

Bupati Halmahera Tengah itu mengatakan, kita juga harus mempunyai cita-cita yang tinggi sebagai masyarakat pecinta bola di Malut olehnya itu harus ada dukungan dari seluruh pemangku kebijakan dan juga orang tua siswa SSB. 

"Karena Malut mempunyai sejarah yang besar terkait persepakbolaan di Malut, bahkan sudah banyak pemain kita yang berlaga dan meraih prestasi di kancah nasional seperti Rahmat Rivai, Fandi Mochtar, Rizky Pora, Ilham Udin Armaiyn dan Zulham Zamrun serta masih banyak lagi," ujarnya.

Untuk itu dirinya yakin dan percaya di tiga tahun akan datang U -16 akan tampil di kancah nasional, namun harus serius dan saling mendukung untuk membangun kembali persepakbolaan Malut agar lebih baik dan maju untuk ke depan. 

Baca juga: Iriawan: PSSI berikan bonus 500 juta pada timnas U-16 yang juarai Piala AFF

"Saya juga akan memberikan hadiah  kepada seluruh SSB yang ikut pertandingan hari ini baik  kalah maupun menang semuanya akan diberikan hadiah kepada mereka," ujarnya.

Baca juga: Mochamad Iriawan katakan PSSI pertimbangkan gelar TC timnas U-16 di luar negeri

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022