Jajaran Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Provinsi Maluku, mengelar kegiatan bakti sosial berupa pembagian bahan kebutuhan pokok kepada warga disabilitas.

"Bakti sosial ini guna memperingati hari disabilitas se-dunia tanggal 3 Desember 2022," kata PS Kasi Humas Polresta setempat, Ipda Moyo Utomo di Ambon, Sabtu (3/12).

Moyo menjelaskan, Bakti Sosial (Baksos) itu berupa pembagian sembako dan makanan ringan kepada anak-anak disabilitas, gizi buruk dan gangguan mental dipimpin Kapolsek Leihitu Barat, Ipda Sofia Ch. Alfons, serta didampingi ibu-ibu Bhyangkari, para Bahbinkamtibmas dan personil Polsek setempat.

Menurut dia, aksi kemanusian Polsek Leihitu Barat merupakan bentuk kepedulian terhadap warga yang mengalami masalah disabilitas sekaligus sebagai wujud pelayanan dan kehadiran serta kepedulian kepolisian khususnya Polsek Leihitu Barat di tengah masyarakat.

Pembagian sembako dan makanan ringan untuk anak disabilitas, gizi buruk dan gangguan mental di wilayah Kecamatan Leihitu Barat (pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah.

"Pembagian sembako dilakukan dengan menyasar 25 orang dan dibagi setiap negeri mulai dari Hattu hingga Larike masing-masing sebanyak lima paket," ujarnya.

Dia memastikan dalam proses pembagian ditemukan hampir semua penyandang disabilitas dirawat nenek maupun tante karena orang tua mereka sudah meninggal dunia.

Kemudian yang sakit dialami berupa cacat mental sejak lahir, cacat penglihatan atau buta sejak lahir, cacat pendengaran sejak lahir dan ada beberapa juga yang mengalami cacat disebabkan karena sakit dan terkena step (panas tinggi) yang terlambat ditanggani.

"Sehingga menyebabkan mereka mengalami gangguan pada saraf, kemudian  melalui kegiatan ini keluarga penyandang disabilitas merasa terharu dan bahagia atas kepedulian aparat kepolisian terhadap para penyandang disabilitas," jelas Moyo Utomo.

Baca juga: Presiden: Indonesia tingkatkan kesejahteraan penyandang disabilitas

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022