Ambon (Antara Maluku) - Warga kota Ambon memperoleh pelayanan pengobatan gratis yang digelar pemerintah kota (Pemkot) setempat dalam rangka peringatan HUT ke-436 Kota Ambon, 7 September 2011.

"Pengobatan gratis ini untuk warga kota yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan," kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, Selasa.

Menurutnya, kegiatan pengobatan gratis ini melibatkan delapan dokter spesialis seperti ahli penyakit dalam, kulit, mata, Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT), saraf, anak, dan empat dokter umum.

"Masyarakat yang mempunyai gangguan kesehatan dapat memanfaatkan pelayanan ini untuk memeriksa secara gratis," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Pemkot kepada warga kota, sebagai bentuk kebersamaan di perayaan HUT kota Ambon tahun 2011.

"Perayaan HUT tahun ini tidak hanya menonjolkan aspek hiburan, tetapi juga kemanusiaan seperti kegiatan pengobatan massal dan pasar murah yang digelar 5 - 6 September," ujarnya.

Richard mengakui, apresiasi juga diberikan kepada para dokter yang telah berpartisipasi dalam kegiatan pengobatan gratis.

"Kami patut berterima kasih kepada para dokter yang telah memberikan waktu untuk terlibat dalam kegiatan ini dan walaupun cuaca hujan tetapi tidak menyurutkan pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Hans Liesay mengatakan, sebanyak 231 orang telah melakukan pemeriksaan kesehatan dalam kegiatan pengobatan gratis.

"Sampai akhir kegiatan, tercatat 231 warga telah melakukan pemeriksaan, 124 pasien di antaranya konsultasi ke dokter ahli  penyakit dalam dan sisanya ke dokter ahli mata dan lainnya," katanya.

Hans mengatakan, pengobatan gratis yang dilakukan ini merupakan pengobatan dasar guna mengetahui kesehatan warga.

"Warga yang telah berobat saat ini, bila ada tindakan lanjutan yang diberikan dokter ahli maka diwajibkan untuk menjalani pemeriksaan lanjutan di rumah sakit," katanya.

Pewarta: Penina Maijaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2011