Wakil Gubernur Maluku Barnabas  N.Orno   mengharapkan dukungan  dari organisasi perangkat daerah, instansi, perusahaan, petani/nelayan dan seluruh masyarakat Maluku  agar kegiatan sensus pertanian  dapat berjalan sesuai harapan.


"Berilah jawaban yang benar sesuai dengan kondisi usaha pertanian kepada petugas  yang mendatangi  perusahaan/usaha anda," ujarnya saat membuka  kegiatan sosialisasi Sensus Pertanian tahun 2023 yang berlangsung di Ambon, Jumat.

Menurut dia jawaban yang diberikan  menentukan arah dan kebijakan  yang diambil dalam memajukan perekonomian di Maluku.

Berdasarkan data BPS Provinsi Maluku  awal Februari 2023 juga telah merilis angka pertumbuhan ekonomi  triwulan IV-2022. Ekonomi Maluku tumbuh  sebesar 5,73 persen (y-on-y). Dilihat dari  struktur ekonomi Maluku masih  didominasi  oleh  sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 23,61 persen.

Peran lapangan usaha  konstruksi menempati posisi ketiga  sebesar 8,25 persen secara (c-to-c) ekonomi Maluku yang tumbuh 5,11 persen, kategori industri pengolahan yang memiliki pertumbuhan tertinggi sebesar 9,06 persen.

Hal ini menunjukan  ekonomi Maluku masih  menggeliat di tengah kondisi ekonomi global  yang mengalami ketidakpastian.Kinerja ekonomi daerah tidak terlepas dari  peran pemerintah daerah,pihak swasta, dan juga peran masyarakat.

"Karena itu  melalui kegiatan  sosialisasi ini, saya harapkan agar peserta  sosialisasi dapat  mengikuti kegiatan dengan baik, harapan saya agar bapak/ibu selakuusaha pertanian  dapat membantu  petugas  dan turut  menyebarluaskan informasi sensus pertanian ini kepada semua pihak," ujarnya.

Panitia penyelenggara Penina A.Salawane  mengatakan, kegiatan sosialisasi  sensus pertanian 2023  guna meningkatkan koordinasi antara Kementerian/Lembaga/OPD, Pelaku Usaha pertanian, Asosiasi pertanian demi sukses dan lancarnya pelaksanaan sensus pertanian tahun 2023.

Harapan dari penyelenggaraan sosialisasi ini, terjalin koordinasi dan kolaborasi antara internal BPS selaku pelaksana kegiatan sensus dengan pihak Kementerian /Lembaga, OPD, pelaku usaha serta insan pers selaku agen sosialisasi demi suksesnya pelaksanaan sensus pertanian ini. Mampu menghasilkan  data berkualitas yang dapat dimanfaatkan oleh semua pihak.

Peserta sosialisasi sensus pertanian sebanyak 53 orang, dengan dua orang narasumber  pada kegiatan itu yakni Fungsionaris Ahli Utama BPS RI,Adi Lukmasono, dan Kepala Kantor BPS Provinsi Maluku Maritje Pattiwallapia.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023