Sekretaris  Daerah Provinsi Maluku Sadali Le menyampaikan   petugas Sensus Pertanian  berperan penting  dalam menghasilkan data-data yang akurat selama melaksanakan sensus pertanian  2023 di Maluku.

"Mudah-mudahan para petugas sekalian selalu diberikan kekuatan, dilindungi oleh Tuhan  dalam melaksanakan tugas yang mulia ini, sehingga bisa mendapatkan data yang akurat" ujar Sekda di Ambon, Selasa saat memberikan sambutan pada acara apel siaga Sensus Pertanian 2023.

Karena itu, atas nama pemerintah provinsi Maluku pihaknya  memberikan apresiasi dan penghargaan pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 yang akan dilaksanakan oleh BPS  Maluku pada  1 Juni sampai 30 Juli 2023.

Dia mengatakan, pendataan sensus pertanian  dibutuhkan di berbagai kalangan khususnya pemerintah dalam melaksanakan monitoring, evaluasi perencanaan dan pengambilan kebijakan yang tepat dan  akurat sehingga seluruh program kegiatan  direncanakan  mendapatkan hasil yang baik.

"Karena itu, kepada seluruh petugas Sensus Pertanian 2023 agar dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, jaga kesehatan k dan tetap semangat menjalankan tugas ke depan sebagai wujud pengabdian kepada bangsa dan negara, ujarnya berpesan.

Sementara Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku Maritje Pattiwaellapia menambahkan apel siaga Sensus Pertanian  2023 dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

"Ini momen untuk mempersiapkan petugas sensus pertanian supaya mereka siap mental fisik untuk semangat, apalagi  1 Juni 2023 sudah harus terjun untuk melaksanakan tugas pendataan sensus pertanian di Maluku dan seluruh Indonesia secara umum," katanya.

Ia menyebutkan pada pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 BPS  Maluku menyiapkan  1.885 pencacah lapangan dan  yang hadir pada  apel hari ini  petugas dari Kota Ambon saja sebanyak 106 orang yang sudah  sudah selesai mengikuti pelatihan.


"Karena itu kami berharap,  seluruh petugas tetap semangat karena kualitas data  pada sensus dan pertanyaan sangat tergantung pada kualitas petugas itu sendiri," katanya.

Ia juga berharap kepada responden yang menjadi objek yaitu perusahaan pertanian dapat memberikan data dengan jujur dan  lengkap kepada petugas serta menerima petugas sensus dengan baik.

"Terbukalah dengan petugas sensus pertanian yang akan dimulai 1 Juni sampai 30 Juli 2023, jadi ada dua bulan kegiatan ini, memang ada satu daerah yang melaksanakan satu bulan dan ada yang dua bulan pendataan sensus pertanian," katanya.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023