Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) Nurlela Syarif  meminta pemkot setempat untuk fokus membangun infrastruktur di kawasan kepulauan terutama  termasuk membangun fasilitas internet guna mendukung perekonomian masyarakat pesisir.

"Pemerintah kota harus memiliki komitmen membangun infrastruktur daerah kepulauan  pada berbagai aspek termasuk digital agar hadir pembangunan yang berkualitas dan dirasakan masyarakat," kata Anggota DPRD Kota Ternate, Nurlela Syarif dihubungi dari Ternate, Senin.

 Untuk itu, dalam membangun tiga daerah terluar di Kota Ternate seharusnya Wali Kota membentuk tim khusus percepatan pembangunan tiga daerah itu, sebab meskipun dokumen RPJMD sudah ada, tetapi Pemkot Ternate harus melibatkan pihak eksternal mulai dari akademisi, pemerhati.

Politisi Partai Nasdem ini mencontohkan, potensi perikanan di Pulau Batang Dua misalnya bisa dikelola dengan  membangun SDM yang kuat dan kesiapan fasilitas berupa industri sehingga bisa memberi kesejahteraan kepada masyarakat.

Begitu pula, di daerah Moti harus dijadikan sebagai kawasan penghasil kebutuhan sayur mayur potensial untuk masyarakat, lalu  Pulau Hiri sebagai kawasan destinasi wisata unggulan di daerah ini harus dikembangkan.

Sementara itu, Sekretaris Kota  Ternate Jusuf Sunya menyatakan, persoalan SDM penting dalam menyambut era digitalisasi, terutama dalam mentransformasikan kecakapan digital mulai dari diri sendiri, sehingga membantu tugas-tugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Oleh karena itu, ini menjadi harapan dan komitmen bersama dalam upaya percepatan akselerasi pembangunan, untuk Kota Ternate dengan tiga daerah terluar yaitu  Moti, Hiri dan Batang Dua  yang harus dibenahi, karena beberapa waktu terakhir perkembangan mengalami keterlambatan.

"Ini diawali  dengan mendorong  alokasi anggaran lebih maksimal di tengah terbatasnya kemampuan anggaran dan ini menjadi  pekerjaan rumah bersama," katanya.

Menurut dia percepatan pembangunan di daerah kepulauan  karena tidak hanya dibebankan kepada pemerintah daerah.

"Termasuk  membangun moda transportasi dan mendorong perhubungan yang lebih baik butuh kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan," kata Jusuf Sunya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023