Wall Street ditutup beragam pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), karena investor mempertimbangkan kesaksian Ketua Federal Reserve Jerome Powell yang menyatakan bank sentral belum mencapai akhir dari siklus pengetatannya dan perkembangan terbaru dari bank-bank sentral global.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun tipis 4,81 poin atau 0,01 persen, menjadi menetap di 33.946,71 poin. Indeks S&P 500 bertambah 16,20 poin atau 0,37 persen, menjadi berakhir di 4.381,89 poin. Indeks Komposit Nasdaq menguat 128,41 poin atau 0,95 persen menjadi ditutup pada 13.630,61 poin.

Enam dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir di zona merah, dengan real estat dan energi memimpin penurunan masing-masing terpangkas 1,44 persen dan 1,30 persen. Sementara itu, sektor konsumer non-primer dan jasa-jasa komunikasi memimpin penguatan dengan masing-masing terangkat 1,53 persen dan 1,15 persen.

S&P 500 dan Komposit Nasdaq mengakhiri penurunan beruntun tiga hari pada Kamis (22/6/2023), karena investor mengambil beberapa saham terkait teknologi yang terseret minggu ini, membantu beberapa saham teknologi utama tetap di zona hijau.

Investor mencermati kesaksian Powell di depan Kongres minggu ini. Powell mengatakan mengembalikan inflasi ke target 2,0 persen sangat penting untuk mendukung kesehatan jangka panjang ekonomi AS, menambahkan bahwa lebih banyak kenaikan suku bunga mungkin diperlukan tahun ini.

Banyak pejabat Fed berharap bahwa "akan tepat untuk menaikkan suku lagi tahun ini, dan mungkin dua kali," meskipun waktu kenaikan akan bergantung pada data, kata Powell kepada Komite Senat AS untuk Urusan Perbankan, Perumahan, dan Perkotaan pada Kamis (22/6/2023), sehari setelah kesaksiannya di hadapan Komite Jasa Keuangan DPR AS.

Hawkish dan dovish memasuki medan perang pada pertemuan Fed pada Juni, memperdebatkan sejauh mana kenaikan suku bunga lebih lanjut mungkin diperlukan dan seberapa kuat untuk menyampaikannya, kata Ellen Zentner, kepala ekonom AS di Morgan Stanley.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wall Street ditutup beragam dengan fokus kepada bank-bank sentral

Pewarta: Apep Suhendar

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023