Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Taufik Madjid berharap, program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) mampu mempercepat pembangunan desa dan ekonomi khususnya di wilayah Maluku Utara.

"Ini merupakan program besar pemerintah untuk mendistribusikan keadilan dan pemerataan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Taufik Madjid saat dialog seputar program kemendes serta Tekad para pemimpin redaksi media masa Maluku Utara, bertempat di Royal Resto Ternate, Minggu.

Taufik Madjid menjelaskan, program yang bekerja sama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) Indonesia dirancang khusus untuk percepatan pencapaian tujuan-tujuan SDGs Desa khususnya di desa-desa sasaran program TEKAD.

Sekjen Taufik mengingatkan para pemimpin media di Malut Utara agar bisa mengidentifikasi dan memetakan kekurangan atas program yang sudah dijalankan selama kurang lebih dua tahun tersebut.

Tidak hanya itu, Sekjen juga meminta masukan terkait dengan kondisi terkini Maluku Utara terutama ekonomi dan pembangunan, terlebih ada kaitan dengan tupoksi di Kemendes PDTT.

Sejumlah pemimpin media menyampaikan terkait dengan perkembangan ekonomi yang dua tahun terakhir Maluku Utara menembus 27 persen tertinggi di Indonesia. Tingginya ekonomi didorong dengan investasi pertambangan yang saat ini tumbuh pesat di Maluku Utara.
Sekjen Kemendes dan PDTT, Taufik Madjid saat dialog seputar program kemendes serta Tekad para pemimpin redaksi media masa Maluku Utara, bertempat di Royal Resto Ternate, Minggu (25/6/2023). ANTARA/Abdul Fatah (Abdul Fatah)
Hanya saja pertumbuhan ekonomi tersebut masih terdapat warga miskin, stunting serta pengangguran. Artinya, tidak serta merta menggerakan penurunan angka stunting, kemiskinan serta pengangguran di Maluku Utara.

Data BPS Provinsi Maluku Utara menyebut jumlah penduduk miskin di Maluku Utara mencapai 82,13 ribu orang per September 2022. Begitu juga Prevalensi Angka Stunting di tahun 2022 berada pada 26,1 persen artinya masih diatas rata-rata nasional yaitu 21,6 persen.

Untuk itu lewat Sekjen Kemendes sejumlah pemimpin redaksi berharap Kemendes lebih meluaskan TEKAD di Maluku Utara, sebagai benteng bagi ekonomi masyarakat Desa terutama petani dan nelayan.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendes harapkan program TEKAD percepat pembangunan desa

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023