Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Maluku Utara meminta seluruh atlet balap motor yang akan berlaga pada PraPON di Sirkuit Karting Sentul Bogor, Jawa Barat 24-26 Juli untuk tampil maksimal dan bisa mewakili provinsi pada ajang PON 2024.

"Cabang balap motor sudah menjadi sejarah dan setiap episode tetap lolos PON, walaupun belum bisa memberikan medali. Tapi untuk PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara, balap motor harus lolos," kata Ketua KONI Malut Djasman Abubakar saat melepas tim balap motor Maluku Utara, Minggu.

Djasman juga berpesan kepada tim balap motor untuk berjuang semaksimal mungkin dan memegang amanah yang telah diberikan Ketua Umum Pengprov IMI Malut H. Jackson De Breving.

Menurutnya, pebalap harus menjaga kesehatan dan tampil dengan daya juang yang tinggi agar bisa lolos ke PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Dalam arahannya, Jackson De Breving mengatakan IMI Malut mengirimkan empat atlet ditambah pelatih dan manajer tim untuk tampil dalam PraPON di Sirkuit Karting Sentul Bogor, Jawa Barat 24-26 Juli.

"Mudah-mudahan, pebalap yang tampil di kualifikasi PON bisa lolos ke PON tahun 2024," katanya.

Keempat pebalap tersebut yakni M. Risky Fajar Husen, Rafly Septriandi, M. Syaqib Alghifari Hamzah, dan Poetra Herrul serta pelatih Rian Kodja dan Manajer Tim Faisal Amir.

Sementara itu, Pemprov Malut berharap kepada pengurus KONI dan pengurus cabang olahraga, untuk saling bahu membahu mencetak atlet-atlet berbakat untuk meningkatkan prestasi atlet daerah dari tahun ke tahun agar lebih baik.

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Malut Ansar Daaly berharap KONI melahirkan sumber atlet andal yang mampu berprestasi pada tingkat nasional dan internasional.

Ia mengatakan, Pemprov Malut saat ini memberikan target kepada KONI provinsi untuk terus meningkatkan prestasi atlet dalam rangka kesiapan menuju PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Ansar Daaly menyampaikan, KONI Provinsi Maluku Utara telah cukup berperan dalam memajukan olahraga dan meningkatkan kualitas SDM olahraga di provinsi. Hal itu terlihat dari beberapa atlet asal Maluku Utara yang telah mengharumkan nama daerah dan negara.

Selain itu, kata Ansar, Pemprov Malut tentunya menyambut baik terlaksananya kegiatan tersebut. Selain sebagai ajang silaturahmi dan kerja sama, kegiatan itu juga merupakan salah satu agenda penting untuk mengevaluasi program kerja yang telah dijalankan, maupun merumuskan program kerja yang akan datang.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023