Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut) berkomitmen  mewujudkan program Halbar berdering dengan menyiapkan berbagai fasilitas dan  infrastruktur  komunikasi terutama di kawasan Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T).

Bupati Halbar James Uang dihubungi di Ternate Sabtu, mengatakan ketersediaan berbagai fasilitas infrastruktur  penting, untuk meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat dan pelayanan komunikasi bagi masyarakat terutama di kawasan 3T.

"Saat ini, Kementerian Kominfo menyediakan tower mini BTS 4G, sehingga masyarakat di kawasan pedesaan bisa menikmati kebutuhan pelayanan komunikasi yang layak  disediakan Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo)," ujarnya.

Sehingga, masyarakat di kawasan terpencil seperti kecamatan Tabaru maupun Ibu yang jauh dari kawasan ibukota kabupaten bisa mendapatkan jaringan telekomunikasi seluler secara baik.

Dirinya menyebut, saat ini, ada dua tower repiter yang telah disediakan untuk mengakses jaringan seluler yang berada di kawasan terpencil maupun jauh dari kawasan ibukota kabupaten Halbar.

 Pemkab Halbar telah menyelesaikan pembayaran ganti rugi lahan milik warga yang akan dijadikan sebagai pembangunan tower dalam mendukung kebutuhan jaringan telekomunikasi di daerah ini.

Sebelumnya, Kadis Kominfo Halbar  Sahmi S Badan mengatakan  Badan  Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo) membangun 61 base transceiver station (BTS) di Kabupaten Halbar dalam mendukung ketersediaan infrastruktur telekomunikasi.

"Kami telah perkuat konektivitas  untuk mendukung kenyamanan pengalaman aktivitas digital dengan menyediakan 61 tower BTS 4G untuk mendukung pengembangan komunikasi di Pulau Halmahera," katanya.

Dia menyatakan, dari 61 menara yang dibangun di Kabupaten Halbar, saat ini telah difungsikan sebanyak 38 dan sisanya tengah dilakukan pengerjaan.

Selain itu, kata Sahmi, pembangunan BTS di Halbar ini merupakan implementasi dari program Pemkab Halbar agar seluruh warga dapat mengakses jaringan telekomunikasi secara mudah dan nyaman.

Oleh karena itu, Pemkab Halbar telah berkomitmen untuk mendukung pengembangan infrastruktur telekomunikasi, sehingga warga berada di daerah pedalaman bisa mendapatkan jaringan seluler.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023