Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku  memberikan peluang bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk menjual produk khas Ambon di gerai modern di kota itu.

"Kesempatan diberikan kepada pelaku UKM yang produknya memiliki legalitas, agar produk UMKM lokal dapat dipasarkan di gerai modern dengan tujuan agar tingkat ekonomi masyarakat semakin baik," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan ( Disperindag) Kota Ambon, Jhon Slarmanat, di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan  Pemkot Ambon telah melakukan penandatangan kesepakatan dengan  dua retail modern untuk memberikan ruang bagi UKM menjual produk di gerai modern.

"Yang kami harapkan produk dari UMKM termasuk binaan Pemkot dapat menembus pasar gerai modern, sehingga masyarakat dapat melihat keuntungan hadirnya dua gerai modern di tengah masyarakat," katanya 

Ia mengatakan, sejak dilakukan penandatangan kerja sama cukup banyak pelaku UKM yang mendaftarkan produk, dan produk yang telah masuk ke gerai modern.

Tanggung jawab sosial gerai modern, katanya adalah diwujudkan melalui pemasaran produk UMKM di kota Ambon.

Kedua gerai modern ini memberi peluang  terhadap permintaan untuk membuka kesempatan bagi UKM dan UMKM memasarkan produk.

Pihaknya juga berharap, pelaku usaha dan menengah di kota ini akan semakin berkembang dengan adanya upaya yang telah dilakukan Pemkot Ambon.

Ia menyatakan, upaya yang dilakukan Pemkot Ambon dengan meningkatkan kemasan produk melalui rumah kemasan dengan menyiapkan fasilitas pendukung pengembangan produk pangan lokal.

Jasa rumah kemasan ini akan bermanfaat agar kemasan produk dapat memenuhi kualitas ekspor serta menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dari jasa yang disiapkan katanya, berupa pembuatan kemasan sesuai ukuran dan bahan yang digunakan, maka akan disiapkan regulasi dalam menarik retribusi dalam menetapkan tarif kemasan yang dibuat.

Selain itu pelaku UKM juga harus memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk sehingga dapat lebih dikenal publik sekaligus meningkatkan perekonomian.

Jhon menambahkan, media sosial dapat digunakan sebagai media pemasaran untuk promosi produk UKM. Selain dapat memperluas jejaring pasar juga mudah menjangkau konsumen

*Kita berharap pelaku UKM memiliki kemampuan handal dalam memasarkan produk dengan memanfaatkan teknologi digital sehingga dapat menyejahterakan masyarakat," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023