Kepolisian Daerah (Polda) Maluku dan polres jajaran melakukan penanaman 1.000 anakan pohon secara serentak dalam upaya menghijaukan wilayah setempat yang tandus.

“Polda Maluku sendiri melakukan penanaman 1.000 pohon. Penanaman telah berlangsung sejak 18 Agustus 2023 yang bertempat di beberapa lokasi, salah satunya di lapangan tembak SPN Polda Maluku di Passo,” kata Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latit di Ambon, Rabu.

Anakan pohon yang ditanam Polda Maluku, antara lain Cengkih, Pala, Rambutan, Durian, Mangga, dan berbagai tanaman endemik lainnya di Maluku.

Ia mengatakan penanaman pohon dengan mengusung tema "Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini" itu sebagai kegiatan yang penting untuk penghijauan serta menjaga lingkungan agar tetap aman dan asri.

"Saya sangat berharap pohon yang kita tanam nantinya kelak dapat bermanfaat untuk generasi kita ke depan," kata dia.

Penanaman pohon yang dilakukan secara serentak di Maluku, kata dia, juga merupakan wujud dari kepedulian Polri untuk melestarikan lingkungan.

"Kami mengajak masyarakat agar mari kita sama-sama menjaga lingkungan kita agar tetap hijau, menjaga lingkungan tetap sehat dengan tidak menebang pohon secara sembarangan," kata dia.

Ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Ia juga menyebut bahwa penanaman bibit pohon ini masih dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) di daerah setempat.

"Saat ini juga Bapak Kapolri dan rombongan sedang berada di wilayah Labuan Bajo, NTT dalam rangka menghadiri pertemuan AMMTC (ASEAN Ministrial Meeting on Transnasional Crime) ke-17. Di sana juga akan dilaksanakan penanaman pohon. Olehnya itu kita di Polda Maluku juga melaksanakan penanaman pohon secara serentak di halaman mapolda dan diikuti seluruh kapolres jajaran di polres masing-masing," ujar dia.

Saat penanaman pohon di daerah itu, Kapolda Lotharia Latit didampingi Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M. Napiun beserta seluruh pejabat utama Polda Maluku dan pengurus Bhayangkari Daerah Maluku.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023