Ambon (Antara Maluku) - Polisi perairan Polda Maluku melakukan upacara tabur bunga di Teluk Ambon memperingati hari Bhayangkara Polri ke-66 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2012.

"Upacara tabur bunga ini berlangsung di atas Kapal Polisi (KP) Abimanyu dipimpin Wakapolda Maluku, Kombes Polisi Herry Prastowo," kata Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Johanes Huwae di Ambon, Sabtu.

Tradisi tabur bunga di laut setiap tahun ini dilakukan aparat kepolisian untuk menghormati para pahlawan yang gugur demi memperjuangkan serta mempertahankan kemerdekaan NKRI, termasuk para pendiri cikal bakal berdirinya institusi Polri sejak 66 tahun silam.

Kegiatan lain yang dilakukan polisi diantaranya melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kapahaha di kawasan Tantui Ambon.

"Jelang peringatan Hut Bhayangkara tahun ini, kami juga menggelar sejumlah pertandingan olahraga secara internal berupa catur, futsal dan bulutangkis," kata Huwae.

Sedangkan kegiatan bhakti sosial yang sudah dilaksanakan berupa sunatan masal, pengobatan gratis yang melibatkan para dokter dari RS Bhayangkara Tantui, memberikan santunan kepada sejumlah panti asuhan serta kegiatan donor darah.

Menurut Huwae aksi sosial ini merupakan bentuk kepedulian institusi Polri terhadap masyarakat sekaligus menjaga keutuhan serta keharmonisan antara masyarakat dengan polisi sebagai pengayom dan pelindung.

"Puncak peringatan hari Bhayangkara Polri 1 Juli besok akan dilakukan dalam sebuah upacara resmi yang berlangsung di lapangan upacara Polri Tantui, dilanjutkan sejumlah peragaan tapi belum diketahui berapa personel Polri yang akan mendapatkan penghargaan," katanya.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012