Ambon (Antara Maluku) - Tiga petinju Maluku berhasil masuk babak final di PON XVIII di Riau, kata pelatih tim tinju PON XVIII Maluku, Agus Titaley.

"Tiga petinju itu berhasil masuk final setelah babak semi final, Jumat (14/9) malam berhasil mengalahkan lawan - lawan mereka," katanya per telpon genggam (HP) dari Riau, Sabtu.

Ketiga petinju itu masing-masing Welmi Pariama (57 kg) yanng mengalahkan Ni Liu Yeni (Bali), Yulius Lumoly (56 Kg) mengalahkan Diky Darauw (Jambi), dan Lodewiek Batlayeri (69 Kg) unggul atas Toufan Paransa (Papua).

Sedangkan Ralin Lumoly (60 kg) yang diprediksi bertanding ekstra ketat harus mengakui kemenangan Arenaldo Moniaga (DKI Jaya).

Welmi yang PON XVII di  Kaltim 5 - 17 Juni 2008 menyumbangkan medali emas di kelas 54 kg putri akan melawan Mauliata (NTT).

Sedangkan Lodewiek Batlayeri di PON XVII juga menyumbangkan medali emas di kelas  75 Kg berhadapan dengan Kusdiono (Jabar).

Yulius Lumoly di babak final dijadwalkan 17 September 2012 melawan Dadang Amanda (Jabar).

Sementara itu,  Maria Ohoiulun dijadwalkan berlaga di semi final Sabtu (15/9) melawan Norbertha Tajum dari Papua.

Maluku di PON XVIII baru meraih satu medali perunggu yang dipersembahkan petinju putri Ester Kalayukin (60 Kg) setelah dikalahkan di babak semi final oleh Dolince Sanadi (Papua Barat) di Riau, Kamis (13/9) malam.

Di PON XVIII Maluku menerjunkan 11 petinju terdiri dari lima putri dan enam putra.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012