Sebanyak 100 anggota Polda Maluku mengikuti English Competency Test (ECT) dalam rangka menjaring personel Polri untuk berpartisipasi pada misi internasional Perserikatan bangsa-bangsa (PBB). 

"ECT ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menjaring personel Polri agar berpartisipasi pada misi internasional PBB," kata Kabag Binkar Ro SDM Polda Maluku AKBP Romi Agus Ryansah, di Ambon, Selasa.

 

Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Maluku melaksanakan kegiatan ini bersama Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri ini berlangsung di Rupattama Mapolda Maluku.

 

Tujuan lainnya dalam kegiatan tersebut yakni untuk pengembangan kapasitas, seminar luar negeri, staf teknis Polri, ajudan duta besar dan menyiapkan personel polri secara lebih baik untuk melaksanakan tugas internasional.

 

"Kami menyampaikan terima kasih kepada tim dari Divhubinter Polri yang telah meluangkan waktu bisa hadir di Polda Maluku untuk melaksanakan kegiatan ini," ucapnya.

 

Kepada seluruh peserta,  Romy berharap agar bisa mengikuti kegiatan dengan sebaiknya-baiknya. "Semoga kegiatan ini bisa menjadi bekal bagi para peserta untuk pembinaan karir kedepannya," harapnya.

 

Sementara itu, Ketua tim Divhubinter Polri, Kombes Pol Muji Diah Setiani menyatakan, tujuan kegiatan ini yakni untuk menjaring dan mempersiapkan personel Polri agar memiliki kemampuan bahasa Inggris. 

 

Dengan demikian, personel dapat dilibatkan dalam penugasan-penugasan internasional, baik berupa pendidikan dan pelatihan, misi perdamaian PBB (FPU dan IPO), atase Polri, serta sekretaris/ajudan duta besar.

 

"Sebagai polisi wilayah, tidak cukup hanya tau karakteristik di wilayahnya, tetapi juga harus tau karakteristik di negara lain,” kata Setiani.

 

Ia mengaku kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di Polda Maluku tetapi di semua Polda di Indonesia.

 "Kami datang untuk mendapatkan personel-personel yang berprestasi agar bisa bergabung sebagai pasukan perdamaian di luar negeri. Dalam hal ini kami dari Divhubinter Polri telah bekerja sama dengan Polda jajaran dan para Karo SDM," ucapnya.

ECT dibuka oleh Karo SDM yang diwakili Kabag Binkar Ro SDM Polda Maluku AKBP Romy Agus Ryansah. Ia didampingi Ketua Tim ECT Kombes Pol Muji Diah Setiani, Analis Kebijakan Madya pada Bagkembang Romisinter Divhubbinter Polri.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023