Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon memberikan edukasi tentang kemaritiman kepada para mahasiswa di Kota Ambon.

"Di Maluku, lautan lebih luas jika dibandingkan dengan daratan. Oleh sebab itu peran generasi muda sangat penting dalam keberlangsungan Indonesia sebagai poros maritim dunia," ucap Komandan Lantamal IX Ambon, Brigjend Said Latuconsina dalam keterangan yang diterima di Ambon, Rabu.

Hal itu disampaikannya dalam kuliah umum kepada mahasiswa Politeknik Ahli Usaha Perikanan dan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Kota Ambon.

Kuliah umum tersebut mengangkat tema 'Peran generasi muda Maluku dalam mengisi pembangunan menuju Indonesia sebagai poros maritim dunia'.

Brigjend Said mengatakan para generasi muda harus peka terhadap berbagai masalah seperti penjaringan ikan secara ilegal, dan hal-hal lain yang merusak lautan 

"Jika hal tersebut terjadi apa saja yang akan dilakukan, bagaimana solusinya dan sebagainya untuk mencegah kerusakan laut," katanya.

Selain memberikan kuliah umum, Brigjend Said Latuconsina juga menebar sekitar 1.000 benih udang vannamei agar dimanfaatkan untuk dibudidayakan di Politeknik ahli usaha perikanan Ambon.

"Ini juga merupakan langkah terobosan strategis Lantamal IX dalam pemulihan ekonomi masyarakat pesisir di kota Ambon," katanya.

Kegiatan menebar bibit benih udang vaname tersebut juga dalam rangka pembinaan Potensi Maritim di bidang ketahanan pangan dan pemberdayaan wilayah pertahanan.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023