Pemerintah Provinsi Maluku menilai data Sensus Pertanian 2023 yang dihasilkan oleh Badan Pusat Statistik setempat berperan sebagai basis untuk memperkuat  ketahanan pangan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Sadli Ie  di Ambon, Senin mengatakan, data hasil Sensus Pertanian  2023 mempunyai peran  penting dalam membangun perekonomian  termasuk mewujudkan  ketahanan pangan masyarakat, sebagai instrumen pengentasan kemiskinan hingga penyedia lapangan kerja serta pendapatan masyarakat.

Ia menyampaikan hal itu usai peluncuran  hasil Sensus Pertanian 2023 (ST2023) tahap I yang didampingi  Kepala BPS Provinsi Maluku Maritje Pattiwaellapia.


Sekda menilai hasil Sensus Pertanian 2023  penting dalam mendukung kesejahteraan petani,  memperkuat ketahanan pangan, dan menjaga keberlanjutan lingkungan.

"Karena itu dengan data yang lengkap dan akurat, dapat merumuskan strategi untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan daya saing sektor pertanian di Provinsi Maluku," kata dia.

Ia berharap  pemerintah, akademisi bahkan  pemangku kepentingan terkait dapat menerjemahkan data tersebut dan mengimplementasikan  program kebijakan yang berdampak positif bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama para pelaku usaha di sektor pertanian.

"Data yang dihasilkan tidak hanya menjadi informasi, tetapi juga menjadi dasar bagi pengambilan keputusan yang tepat dan akurat," kata dia.

Sementara Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku  Maritje Pattiwaellapia mengatakan, berdasarkan hasil Sensus Pertanian 2023 (ST2023) tercatat jumlah usaha pertanian Maluku mengalami kenaikan 3,45 persen, jika dibandingkan 10 tahun lalu.


Dari 202.077 unit usaha pertanian di Maluku pada  2013, meningkat menjadi 209.044 unit usaha pertanian pada  2023.


"Secara total memang naik, namun kurang terlalu signifikan. Untuk Usaha Pertanian Perorangan (UTP) mengalami kenaikan 3,50 persen, Usaha Pertanian Berbadan Hukum (UPB) mengalami penurunan 35,29 persen, dan Usaha Pertanian Lainnya (UPL) juga turun 35,22 persen," ujarnya.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023