Ambon (Antara Maluku) - Badan Ketahanan Pangan Daerah (BKPD) Maluku pada tahun anggaran 2013 memrogramkan perluasan Pangan untuk Keluarga Miskin (Pangkin) di wilayah bagian selatan, menyusul kegiatan serupa di Kabupaten Maluku Tengah dan Maluku Tenggara.

"Kami memrogramkan perluasan ke wilayah Selatan Maluku yakni Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) atau Maluku Tenggara Barat (MtB)," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Daerah (BKPD) Maluku , Polly Kayhattu, ketika dikonfirmasi, Kamis.

Penentuan satu lokasi baru itu sedang dipertimbangkan agar realisasinya tetap sasaran dengan manfaatnya dirasakan masyarakat setempat.

Program Pangkin di wilayah Selatan Maluku untuk MBD mengarah ke jagung, sedangkan MTB umbi - umbian. Sasarannya pemberdayaan pangan lokal yang selama ini dikonsumsi masyarakat setempat sebagai subtitusi (pengganti) beras dengan kandungan karbohidrat terjamin.

Di Maluku Tenggara, program Pangkin yang merupakan bagian dari kegiatan "One Day No Rice" dicanangkan Wagub Maluku Said Assagaff pada 30 Juni 2012 dengan andalan embal ( pengolahan tepung ketela pohon). Sedangkan di Maluku Tengah pencanangannya oleh Kepala BKPB Maluku, Polly Kayhattu pada 23 Desember 2012 dengan andalan tepung sagu dengan aneka produk.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013