Dalam rangka peringatan HUT Bakamla RI ke-18 2023 yang jatuh pada 29 Desember 2023 Zona Bakamla Timur (ZBT)   menggelar aksi bersih pantai.
 berlokasi di pantai Desa Rumah Tiga, dan Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon.

Kazona Bakamla Timur Laksma Bakamla Agam seusai menyerahkan alat kebersihan sekaligus memberikan sambutan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian ZBT pada wilayah Maluku, khususnya Kota Ambon yang dikenal karena wisata pantai dan bahari.

Oleh karena itu, kebersihan dan keindahan pantai harus dijaga agar menarik wisatawan lokal maupun mancanegara yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. 

Tercatat Sebanyak 105 orang terlibat dalam kegiatan tersebut yang merupakan  Forkopimda Pemerintah Provinsi Maluku, antara lain Kodam XVI/Pattimura, Polda Maluku, Lantamal IX Ambon, Guspurla Koarmada III, Lanud Pattimura, Polairud Polda Maluku, BIN Daerah Maluku, BNN Maluku, Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan Pemkot Ambon, KSOP Kelas I Ambon.

Selain itu ada juga Basarnas Ambon, KPP Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Ambon, PSDKP Ambon, Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Maluku, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Ambon, Kantor Imigrasi Kelas I Ambon, BPBD Maluku, Distrik Navigasi Kelas I Ambon, BKSDA Maluku, Akademi Maritim Maluku, Universitas Pattimura dan Rapala Kota Ambon.

Pada acara bersih pantai kali ini, personel gabungan ZBT dan pemangku kepentingan berhasil mengumpulkan sampah pantai sebanyak tiga unit  kendaraan pengangkut sampah.

Sehari sebelumnya juga sudah dilakukan kegiatan donor darah dan bakti sosial yang diadakan di Pangkalan Bakamla Ambon pada Senin 18 Desember 2023.

Sebanyak 63 orang dari unsur  forkopimda Provinsi Maluku yang terlibat dalam kegiatan donor darah dan bakti sosial yang digelar Zona Bakamla Timur jelang HUT Bakamla RI ke-18 tahun 2023 yang jatuh pada  29 Desember 2023 .

Selain itu Bakti sosial berupa pembagian paket sembako dibagikan kepada Panti Asuhan Yayasan Melati, Panti Asuhan Yayasan Santa Maria dan Panti Sosial Tresna Werdha Ina-Kaka.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023