Los Angeles (Antara Maluku) - Jennifer Lawrence meraih Piala Oscar pertamanya melalui peran sebagai janda muda unik yang enerjik dalam film komedi "Silver Linings Playbook," Senin.

Bintang 22 tahun itu bersaing ketat dengan Jessica Chastain dan aktris kawakan 86 tahun Emmanuelle Riva asal Prancis memperebutkan titel Aktris Terbaik.

"Kalian (hadirin) berdiri karena kasihan melihat saya jatuh," kata dia seusai tersandung di tangga menuju panggung penghargaan.

"Walau bagaimanapun saya ucapkan terima kasih," katanya sambil mengangkat tropi penghargaan. "Ini adalah kacang."

Lawrence berperan sebagai seorang wanita muda yang kecanduan seksual pascakematian suaminya. Dia menjalin cinta tidak wajar dengan mantan guru yang diperankan oleh Bradley Cooper.

Peran itu menunjukkan kemampuan serba bisa dari aktris muda lantaran dia juga pernah bermain di film berbiaya produksi tinggi seperti "X-Men: First Class" dan "The Hunger Games."

Lawrence juga memenangi penghargaan Golden Globe dan Screen Actor's Gulid sebelum Oscar dilangsungkan pada Minggu waktu Los Angeles.

Aktris 22 tahun itu pertama kali muncul dalam nominasi Oscar pada 2010 setelah memerankan seorang remaja yang berusaha menjaga keutuhan keluarga disfungsional dalam film independen "Winter's Bone."

Produser "Silver Linings Playbook" awalnya merasa Lawrence masih terlalu muda untuk berakting menjadi seorang janda tapi justru menjadi berkah tersendiri setelah berhasil berpadu dengan karakter Patrick (Bradley Cooper).

Lawrence lahir di Louisville, Kentucky dan memulai karir di usia 14 tahun lewat sejumlah peran kecil dalam film, acara televisi dan iklan komersial.

Dia dan keluarganya akhirnya pindah ke Los Angeles seiring membanjirnya tawaran akting. Tahun 2010 dia masuk dalam daftar Sepuluh Artis Wajib Tonton dari Majalah Variety.

Karir Lawrence juga semakin mendunia dalam dunia fashion dan majalah selebritis.

Pada Desember 2012 di masuk dalam golongan "wanita paling diinginkan" versi situs Askmen setelah meloncat 47 peringkat dari tahun sebelumnya.

Perlahan tapi pasti, wajahnya kerap muncul dalam sampul majalah seperti Vogue. (A061)

Pewarta: Reuters

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013