Jakarta (Antara Maluku) - Mahfud MD meluncurkan buku biografi berjudul "Terus Mengalir", di Jakarta, Senin seiring akan berakhirnya masa jabatan sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) per 1 April 2013.

Buku setebal 614 halaman yang ditulis seorang wartawan senior Rita Triana Budiarti ini mengupas perjalanan hidup seorang Mahfud MD dari kecil hingga tumbuh dewasa di Yogyakarta.

Buku itu menceritakan juga hingga dirinya mencapai gelar akademik tertinggi dalam waktu cepat dan menduduki jabatan-jabatan penting di lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Di lembaga eksekutif Mahfud pernah menjadi Menteri Pertahanan, di lembaga legislatif dia pernah menjadi anggota DPR, hingga menjadi Ketua MK sebagai cabang kekuasaan yudikatif.

Mahfud mengakui bahwa semua jabatan ini diraih dengan secara  kebetulan karena dirinya sama sekali tidak pernah bermimpi menjadi menteri karena ia tidak mempunyai lobi dan upeti. Semua jabatan itu diraihnya itu mengalir bagaikan air.

"Penulis menceritakan dengan baik dengan melakukan riset ke kampung, di rumah, kemudian meneliti tempat sekolah saya. Jadi, buku ini menggambarkan cerita perjalanan hidup saya yang sesungguhnya," kata Mahfud.

Acara peluncuran buku ini dihadiri pejabat negara, di antaranya Ketua MPR Taufik Kiemas, Ketua MA M Hatta Ali, Ketua KY Eman Suparman, Ketua DPD Irman Gusman, Wakil Ketua DPR Pramono Anung dan beberapa tokoh lainnya.

Pewarta: Joko Susilo

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013