Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Negeri Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Maluku, membuat tempat pemungutan suara (TPS) 15 bernuansa hari kasi sayang dalam perhelatan pemilu 2024.

"Kebetulan pencoblosan bertepatan dengan hari kasih sayang makanya kita buat suasana TPS kelihatan lebih romantis," kata Ketua KPPS TPS 15 Hila, Harlia, di Hila, Rabu.

Setiap tiang pada bangunan TPS dihiasi dengan lilitan kertas warna-warni dan pernak-pernik. Pada bagian samping, diikat daun kelapa (janur) sebagai pembatas.

Sementara di sisi bagian atas, dihiasi dengan balon berwarna merah muda dan kuning. Merah muda bermakna manis, romantis atau lembut dan kuning bermakna kebahagiaan atau keindahan.

"Ini juga ide kita untuk menarik minat pemilih supaya datang ke TPS memberikan hak pilihnya terutama bagi pemilih pemula yang usianya masih muda," ujarnya.

Ia mengatakan anggaran untuk pembuatan TPS diperoleh dari KPU Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun mengatakan pihaknya mendukung penuh upaya petugas KPPS membuat TPS unik dengan melakukan inovasi dan kreativitas dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih.

"Selama tidak menyalahi aturan pemungutan suara, kami mendukung untuk melancarkan proses pemilu 2024, apalagi juga untuk mengajak partisipasi masyarakat ," ucap Kubangun.
 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024