Batutua Tembaga Raya dan Batutua Kharisma Permai (BTR-BKP) mendapatkan piagam penghargaan dari Pemprov Maluku pada acara puncak apel bendera Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional 2024 karena menerapkan Program Pencegahan dan Penanggulangan (P2) HIV/AIDS.

"Pekerjaan dalam pertambangan itu penuh risiko sehingga kondisi karyawan yang sehat dan bugar adalah syarat utama," kata Juru Bicara BTR-BKP Dino Musida dihubungi dari Ambon, Sabtu.

Oleh karena itu, katanya, sejak proses rekrutmen calon karyawan, perusahaan mewajibkan mereka harus lulus uji kesehatan dan secara berkala setiap karyawan menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh itu.

"Selain itu perusahaan menjamin dan memfasilitasi kesehatan dengan disediakan klinik besar dan tim dokter serta paramedis," ucapnya.

Ia menjelaskan kebijakan ini dilakukan secara ketat karena karyawan sakit bukan saja dari dirinya tetapi juga bisa melalui interaksi dengan orang lain.

Ia mengatakan mereka yang bekerja di perusahaan itu datang dari berbagai tempat sehingga perusahaan selalu melakukan pengawasan dan mengajarkan perilaku hidup sehat.

Dia menjelaskan P2 HIV/AIDS di lingkungan kerja upaya agar semua pelaku, baik pengusaha, serikat pekerja/serikat buruh, maupun seluruh tenaga kerja yang didukung oleh personel K3 dapat mengetahui dan memahami tentang HIV/IDS dan melaksanakan programnya.

Apalagi, kata dia, masalah seperti ini sudah tertuang dalam Keputusan Menakertrans Nomor Kep. 68/Men/IV/2004 tentang pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di tempat kerja.

Penyelenggaraan acara puncak apel bendera Bulan K3 Nasional 2024 pada 12 Februari 2024 berlangsung di Kota Ambon dengan dipimpin Sekretaris Daerah Maluku Sadli Ie.

Selain BTR-BKP, Disnakertrans Maluku melalui sekda juga memberikan penghargaan serupa kepada PT Charlyn Jaya.

Pemprov Maluku memberikan piagam penghargaan kepada perusahaan yang berhasil menerapkan kecelakaan nihil (zero accident), yakni PT Midi Utama Indonesia, TBK Cabang Ambon, PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Pattimura Ambon, dan PT Angkasa Pura Supports.

Sekda Sadli Ie juga mengajak semua pihak untuk menjadikan K3 sebagai budaya kerja serta membentuk sistem manajemen K3 yang kuat di perusahaan.

Apalagi, dalam tahun ini Pemprov Maluku melalui Disnakertrans melaksanakan beberapa program mengenai K3 di perusahaan sehingga dibutuhkan partisipasi dari berbagai pihak dalam membantu program yang telah disusun oleh pemerintah daerah.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024