Ambon (Antara Maluku) - Rumah Sakit Sumber Hidup Ambon melakukan aksi pengobatan gratis bagi pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) Pemerintah Kota Ambon, Rabu.

"Merayakan Hari Ulang Tahun Ke-67 RS Sumber Hidup pada tanggal 6 Juni 2013, kami melakukan serangkaian kegiatan, yakni pengobatan gratis bagi pensiunan PNS Pemkot Ambon," kata Direktur RS Sumber Hidup Ambon, Hesiana Huliselan.

Menurut dia, aksi sosial pengobatan gratis ditujukan kepada 100 pensiunan PNS Dinas Kesehatan (Dinkes) yang telah mengabdikan diri pada Pemkot Ambon.

"Selama ini, para pensiunan mengeluhkan kurang mendapat perhatian, yakni pengobatan pada hari tua, sehingga kami menggagas kegiatan tersebut," katanya.

Hesiana mengatakan bahwa pelayanan gratis yang diberikan, yakni pemeriksaan umum tekanan darah, asam urat, diabetes, pemberian obat, juga rekam jantung.

"Para pensiunan dapat menyatakan keluhan yang dialami kepada dokter maupun perawat. Selain itu, kami juga memberikan kesempatan mereka melakukan rekam jantung," ujarnya.

Selain pengobatan gratis, pihaknya juga akan memberikan pengobatan gratis bagi warga di Desa Laha, Kecamatan Teluk Ambon, dan pengungsi Banda di Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

"Pengobatan gratis merupakan bagian pelayanan, bukan hanya kepada pasien yang melakukan perawatan di RS, melainkan juga kepada masyarakat agar RS Sumber hidup lebih dekat dan dikenal," kata Hesiana.

Ia menjelaskan bahwa RS Sumber Hidup didirikan pada tahun 1946 diawali dengan RS bersalin dan saat ini berkembang menjadi RS swasta umum yang melayani seluruh masyarakat Maluku.

"Walaupun merupakan RS swasta, kami melayani masyarakat tanpa memandang suku, agama, maupun ras. Kami berupaya memberikan pelayanan terbaik dan prima," katanya menandaskan.

Terkait dengan kegiatan HUT RS tersebut, pihaknya juga melakukan pekan olahraga dengan melibatkan karyawan dan keluarga.

"Seluruh rangkaian kegiatan dilakukan untuk menciptakan kebersamaan dan kekompakan antarkaryawan maupun keluarga," kata Hesiana Huliselan.

Pewarta: Penina Mayut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013