Penjabat Bupati Bupati Maluku Tenggara Jasmono meminta Gereja Protestan Maluku (GPM) Klasis Pulau-pulau Kei Kecil dan Kota Tual berperan aktif bersama seluruh elemen menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di bumi Larwul Ngabal, Kepulauan Kei Kabupaten Maluku Tenggara.
  
Permintaan ini disampaikan Pj Bupati dalam sambutannya yang dibacakan  Pj. Sektretariis Daerah (Sekda) Malra Nico Ubro pada kegiatan Sidang Klasis GPM. Klasis Pulau-pulau Kei Kecil dan Kota Tual, yang berlangsung di Ohoi/Desa Warbal, Kecamatan Kei Kecil Barat, Minggu .

"Pemerintah Daerah akan terbantu, jika melalui forum-forum diskusi dan terlebih khusus melalui sidang klasis ini, akan memberikan  rekomendasi konstruktif terhadap berbagai permasalahan yang ada," katanya.

Menurut Jasmono, menyikapi kondisi lingkungan sosial masyarakat dewasa ini, perubahan lingkungan strategis, serta arus informasi tanpa batas  yang mengubah perspektif masyarakat, maka pelayanan bina  mental dan spiritual umat menjadi aspek pelayanan yang akan lebih dioptimalkan. 

Dikatakan pengaruh media sosial cukup besar dalam merubah pola pikir  dan perilaku generasi muda. Hari ini, daerah Kita sangat rentan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban. Padahal hanya dipicu oleh hal-hal kecil, namun bisa terjadi bentrok.

"Akibatnya korban berjatuhan, baik luka-luka maupun korban jiwa. Aparat pun ikut jadi korban. Warga yang tidak tahu menahu tentang masalah juga menjadi korban. Ini adalah keprihatinan yang harus ditangani bersama," katanya.

"Saya harapkan isu ini juga menjadi konsen dan perhatian. Pembinaan umat juga menekankan pentingnya pengawasan terhadap generasi muda,"ungkap Ubro mengutip sambutan Pj Bupati.

Pj Bupati juga mengharapkan dari sidang klasis tersebut dapat memberikan dukungan pemikiran dan rekomendasi yang dapat digunakan sebagai referensi untuk kebijakan daerah khususnya dalam membangun situasi kondusif di daerah ini.

Atas nama pribadi dan pemerintah daerah Pj Jasmono, mengucapkan selamat atas terselenggaranya Sidang Klasis Ke-71, disertai apresiasi kepada seluruh warga GPM, khususnya Warga Klasis Pulau-pulau Kei Kecil dan Kota Tual. Atas dukungan dan partisipasi, sehingga Maluku Tenggara dapat melewati tahapan Pemilu dengan cukup baik dan lancar. 

"Harapan Kita bersama, semoga pada akhirnya nanti, melalui persidangan ini, akan melahirkan rancangan program, kegiatan dan rekomendasi-rekomendasi, yang mampu menjawab kebutuhan umat, meningkatkan kualitas pelayanan, serta memberikan kemajuan bagi kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (DS).

Pewarta: Relis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024