Satuan tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Komando Distrik Militer (Kodim) 1504/Ambon bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ambon melakukan penyuluhan mitigasi bencana pada warga kota setempat.

“Program TMMD sendiri hadir tak hanya untuk membangun desa secara fisik, lebih dari itu penyuluhan penanggulangan bencana pada wilayah rawan bencana juga diperlukan bagi warga,” kata Dansatgas TMMD ke-119 Kodim Ambon Letkol Inf Leo Octavianus di Ambon, Maluku, Selasa.

Dansatgas mengatakan kegiatan tersebut dilakukan pada desa yang menjadi sasaran TMMD ke-119 di Ambon yaitu Dusun Bandari, Desa Rumahtiga, Kecamatan Teluk Ambon.

“Kami berharap melalui kegiatan ini warga setempat dapat mendapatkan pengetahuan terkait apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana dan bagaimana melakukan mitigasi bencana alam,” ucapnya.

Sementara itu penyuluh mitigasi bencana Novita Berhitu, mengatakan kegiatan ini adalah bentuk kerja sama Pemerintah Kota Ambon khususnya BPBD Kota Ambon dengan pihak Kodim 1504/Ambon dalam membantu menyejahterakan masyarakat.

Ia mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk bagaimana mempersiapkan masyarakat itu sendiri dalam menghadapi atau menanggulangi bencana, apalagi kondisi lingkungan atau wilayah tempat tinggal khususnya di Dusun Telaga Pange maupun di Dusun Bandari, memiliki lokasi yang dapat dijadikan sebagai tempat evakuasi mandiri jika terjadi bencana.

“Tidak menutup kemungkinan wilayah ini juga bisa terancam pada bencana longsor maupun gempa bumi dan tsunami,” ungkapnya.

Ia berharap penyuluhan ini dapat membuat masyarakat menjadi Tangguh dan memiliki kesiapsiagaan, dalam upaya pencegahan mengatasi atau menanggulangi maupun menghadapi bencana yang akan terjadi.

“Karena bencana itu tidak bisa diprediksi kapan terjadi dan di mana juga waktunya, tetapi kita bisa mempelajari pelajaran sejarah, masyarakat sudah harus siap untuk menghadapi bencana, baik itu gempa bumi tsunami longsor dan banjir,” katanya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024