Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate, Maluku Utara (Malut) menggelar apel gelar pasukan dalam rangka pelaksanaan siaga SAR khusus Lebaran tahun 2024 untuk memberikan pelayanan selama arus mudik dan balik.

"Basarnas Ternate menyiagakan sebanyak 77 personel pada pelaksanaan siaga SAR khusus Lebaran tahun 2024 ini dan tersebar di beberapa kabupaten kota di Malut, yaitu di Kantor Basarnas Ternate, Pos SAR Tobelo, Unit Siaga SAR Bacan, Unit Siaga SAR Morotai dan Unit Siaga SAR Sanana," kata Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman.

Fathur Rahman usai gelar pasukan siaga SAR di lapangan upacara Basarnas Ternate, Rabu mengatakan, apel tersebut bertujuan memastikan kesiapan personel, sarana dan prasarana serta peralatan SAR yang digunakan dalam pelaksanaan Siaga SAR khusus Lebaran tahun ini.

Fathur mengatakan, Basarnas Ternate juga menyiagakan sarana dan prasarana dan peralatan SAR yang ada, diantaranya Kapal KN SAR 237 Pandudewanata berukuran 40 meter, rescue boat (RB 309) berukuran 28 meter, rigit iflatable boat, rubber boat, rescue car, rescue truck, truk personel, serta peralatan SAR pendukung lainnya.

Sedangkan, untuk titik penempatan personil yaitu tersebar di Bandara Sultan Baabullah Ternate, Pelabuhan ASDP Bastiong Ternate serta beberapa pelabuhan lainnya, dan tempat wisata yang berada di Pos SAR maupun Unit Siaga SAR.

Fathur juga berpesan kepada personil yang melaksanakan siaga agar selalu meningkatkan kesiapsiagaan, menjaga kesehatan dan selalu menjalin koordinasi yang baik dengan instansi terkait guna kelancaran dan kenyamanan para pemudik. 

Siaga SAR khusus Lebaran 1445 H ini akan dilaksanakan selama 16 hari, yakni 4 sampai 18 April 2024. 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024