Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena mengemukakan bahwa Kota Ambon membutuhkan sebanyak 20 truk sampah tambahan untuk mengatasi permasalahan persampahan di kota itu.

“Sampai saat ini kurang lebih 250 ton sampah per hari yang diproduksi di Kota Ambon, angka itu tidak sebanding dengan sarana dan prasarana yang kita miliki untuk mengangkut sampah,” katanya di Ambon, Selasa, saat aksi bersih pantai oleh Lantamal IX Ambon di wilayah Galala Kota Ambon.

Bodewin mengatakan bahwa saat ini Kota Ambon hanya memiliki sebanyak 23 truk sampah yang dibagi untuk mengangkut sampah pada lima kecamatan yang ada.

“Dengan jumlah truk sampah tersebut kita belum mampu mengangkut seluruh sampah di lima kecamatan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) setia harinya,” katanya.

Oleh sebab itu, kata dia, untuk mengentaskan Kota Ambon dari permasalahan sampah di tahun mendatang adalah salah satunya dengan melakukan pengadaan sebanyak 20 unit truk sampah.

“Nanti kalau sudah cukup, kita akan bagi masing-masing ke desa atau negeri yang ada di Kota Ambon, agar mereka bisa mengelola sampahnya di masing-masing negeri. Nantinya kami dari pemerintah akan terus melakukan pengawasan,” katanya menjelaskan.

Sementara itu Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon mendata angka prosentase timbunan sampah plastik di ibu kota Provinsi Maluku mencapai 30 persen dari total volume sampah 246,74 ton per hari.

Sampah plastik sangat berbahaya bagi lingkungan, karena sifatnya sulit diurai oleh tanah, sehingga pemerintah terus berupaya menurunkan persentase sampah plastik.

Saat ini Pemkot Ambon terbantu dengan kehadiran PT Million limbah Ambon yang melakukan pengolahan plastik.

Pabrik pengolahan plastik yang berlokasi di Negeri Hutumuri Kecamatan Leitimur Selatan membantu pemerintah dalam upaya mengurangi sampah plastik, dengan mengolah 100 sampai 150 ton sampah plastik setiap bulan.

Selain itu berbagai program juga dilakukan seperti kerja sama Kota Bersih Laut Biru atau Clean City Blue Ocean (CCBO) dan USAID yang diharapkan dapat mengubah paradigma pengelolaan sampah di Kota Ambon.*

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024