Penjabat Bupati Maluku Tengah (Malteng) mengajak masyarakat di daerah itu untuk memaknai Hari Pattimura dengan meningkatkan kerja keras untuk memajukan Maluku.

“Pemerintah mengajak segenap masyarakat Maluku Tengah khususnya Kecamatan Saparua untuk memaknai peringatan HUT Pattimura dengan kerja sungguh-sungguh kerja keras menuju Maluku maju,” kata Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa di Maluku Tengah, Rabu.

Mengutip pernyataan Pj Gubernur Maluku Sadali Ie, Rakib mengatakan bahwa momentum peringatan HUT Pattimura yang ke-207, merupakan momentum untuk menggelorakan kembali semangat dan Nasionalisme bagi Pattimura Pattimura muda dalam membangun negeri ini.

“Sebagai Pattimura Pattimura mudah sudah barang tentu kita terus menggelorakan semangat perjuangan Pattimura dalam membangun daerah, bangsa dan negara,” ucapnya.

Menurutnya Maluku Maju, dan SDM unggul Akan dicapai dengan kerja bersama antara pemerintah, Legislatif hingga pihak swasta.

“Inilah saatnya Maluku bangkit dengan istilah indonesia tanpa Maluku bukanlah Indonesia, bahwa Maluku mempunyai kontribusi besar bagi bangsa Indonesia, Kapitan Pattimura adalah salah satu buktinya,” ungkap Pj Bupati Rakib Sahubawa

Sementara itu peringatan HUT Pattimura ke-207 di Kecamatan Saparua diawali dengan pengambilan sumber api obor Pattimura sebagai simbol perjuangan Pattimura yang dilakukan secara adat di gunung Saniri Negeri (Desa) Tuhaha Kecamatan Saparua Kabupaten Maluku Tengah.

Selanjutnya api obor Pattimura diarak turun dari gunung saniri menuju negeri-negeri yang ada yaitu Ulath, Saparua, Tiow, Porto dan Haria kemudian menuju ke lapangan Merdeka Saparua untuk upacara pada 15 Mei 2024

Pada peringatan HUT Pattimura ke-207 ini, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah juga menyerahkan santunan berupa sembako dan uang tunai yang terdiri dari santunan Basnaz yang berasal dari Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah untuk Kaum dhuafa hingga santunan penanganan stunting,

selain itu juga diserahkan santunan untuk tiga orang korban meninggal keracunan ikan dan dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon yaitu penanaman anakan cengkih.
 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024