Ambon (Antara Maluku) - PT. Taspen (Persero) Cabang Ambon saat ini dipercayakan pemerintah baik provinsi maupun sejumlah kabupaten dan kota di Maluku untuk menerapkan aplikasi Sistem Informasi Management (SIM) Gaji

"Pemprov Maluku dan sejumlah Pemkab maupun Pemkot telah menindaklanjuti sosialiasi dan workshop aplikasi SIM Gaji yang dilaksanakan tanggal 20 Maret 2013," kata kepala PT. Taspen (Persero) Cabang Ambon, A.Iskandar Jaya, di Ambon, Rabu.

Penerapan aplikasi SIM Gaji antara lain telah diterapkan di Pemkot Ambon, Pemkab Buru, Pemkab Buru Selatan.

Selanjutnya akan diterapkan juga di Kabupaten Kepulauan Aru dan Maluku Tenggara Barat (MTB).

"Untuk penerapannya sudah dikoordinasikan dengan pemkab setempat, beberapa waktu lalu," kata Iskandar.

Pemkab Maluku Barat Daya(MBD) pun sedang dikoordinasikan meskipun ada sedikit hambatan karena terbatasnya aktivitas penerbangan ke daerah yang secara geografis berdekatan dengan Timor Leste ini.

"Kami untuk penerapan aplikasi SIM Gaji ini melakukan terobosan ` jemput bola` dengan melakukan pendekatan dengan Pemprov Maluku, Pemkab maupun Pemkot," katanya.

Dia memastikan, Pemprov, Pemkab atau Pemkot yang telah menerapkan aplikasi SIM Gaji diberikan pelatihan kepada operator, dan aplikasi atau software secara cuma - cuma.

PT. Taspen juga memberikan dukungan teknis, baik menyangkut "maintenance" maupun "troubleshooting" bagi para pengguna, jika ditemukan kendala dalam penerapannya.

Penerapan aplikasi tersebut memudahkan pekerjaan pengelolaan gaji sesuai kebutuhan administrasi keuangan, lebih mudah, transparan dan cepat serta akurat dengan mengoptimalkan pemanfaatan data pegawai meliputi pembuatan maupun pencetakan daftar gaji termasuk rapel secara terpusat atau pun per bagian. termasuk rapel secara terpusat maupun perbagian.

Wagub Maluku Said Assagaff menyambut baik penerapan aplikasi SIM Gaji oleh PT.Taspen (Persero) Cabang Ambon karena merupakan sistem terbaru sebagai sarana pendukung dalam proses pengelolaan data gaji PNS dengan menggunakan komputer.

Apalagi, lanjutnya, aplikasi SIM Gaji ternyata juga membantu meningkatkan pelayanan keperluan PNS maupun kepentingan institusi pemerintahan Pemda sehingga pengelolaan data gaji dapat dilakukan secara mudah, efisien dan akuntabel.

"Jadi penerapan aplikasi SIM Gaji menjadi salah satu tolak ukur dalam penilaian kinerja organisasi penyelenggara pelayanan publik yang lebih profesional," tegas Wagub.

Dia menambahkan, data PNS di Pemprov Maluku maupun Pemkab dan Pemkot segera dibenahi karena PT. Taspen memiliki data yang "online" dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan juga terpadu dengan Sistem informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) atau pun Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah.

"Ini efektif bagi keperluan penentuan Dana Alokasi Umum (DAU) untuk gaji PNS daerah tahun berikutnya secara cepat serta dapat menyajikan rincian data gaji setiap PNS," katanya.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013