Integrated Terminal Wayame Ambon PT Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku menjadi contoh program kedaruratan pengelolaan limbah bahan berbahaya beracun (B3) dan non limbah B3.

"Kami menerima kunjungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktorat Pemulihan Lahan Terkontaminasi, Tanggap Darurat Limbah B3 dan Non Limbah B3, serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku," kata Manajer Integrated Terminal Wayame Ambon, Aan Nurochman di Ambon, Maluku, Senin.

Ia mengatakan kedatangan KLHK Pusat merupakan suatu kehormatan bagi IT Wayame untuk dapat bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan terkait.

“Kami berterima kasih karena sudah dilibatkan dalam agenda program kedaruratan pengelolaan limbah B3 dan non limbah B3, kami memahami bahwa setiap kondisi darurat diperlukan bantuan dari pemangku kepentingan terkait dalam menangani sebuah masalah,” ujarnya.

Pihaknya berkomitmen untuk selalu mendukung kondisi kesiapsiagaan dalam menangani keadaan kedaruratan demi kelancaran pemenuhan kebutuhan masyarakat.

"Kami mendukung pemerintah daerah dalam program kedaruratan pengelolaan limbah B3 dan non B3 skala wilayah provinsi, kabupaten/kota," katanya.

Aan menyatakan agenda ini sudah seharusnya dilakukan secara rutin dengan melibatkan pemangku kepentingan terkait agar menjadi lebih siap dalam menghadapi kejadian keadaan darurat yang sebenarnya.

IT Wayame Ambon menjadi tempat percontohan uji petik, diharapkan semua instansi penanggung jawab dan pelaku usaha di Maluku dapat memiliki pemahaman yang sama dan validasi data yang akurat dalam pengelolaan limbah B3 dan non limbah B3, sesuai Perundang-Undangan dan juga dapat mempermudah koordinasi jika terjadi keadaan darurat.

Integrated Terminal BBM Wayame merupakan pemasok utama bahan bakar minyak (BBM} jenis premium, solar atau Bio dan minyak tanah, serta bahan bakar khusus jenis Pertalite, Pertamax dan Dexlite) untuk wilayah Kota Ambon dan sekitarnya.

Juga merupakan pelabuhan muatan yang menjadi lokasi transit suplai untuk wilayah Timur Indonesia dengan total 18 tangki timbun berkapasitas 160 ribu kl.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Integrated Terminal Wayame Ambon jadi contoh pengelolaan limbah B3

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024