Ambon (Antara Maluku) - Jamaah haji asal Kota Ambon sebanyak 241 orang akan kembali ke tanah air dari tanah suci Mekah pekan depan.

"Sesuai jadwal yang kami terima, hari Rabu, tanggal 6 November (2013) mereka sudah tiba di embarkasi Makassar," kata Kasie Urusan Agama Islam (Urais) dan Penyelenggara Haji Kankemenag Kota Ambon Ismael Kaliky di Ambon, Rabu.

Para jamaah itu dijadwalkan kembali ke Ambon tanggal 8 November 2013.

"Sebelumnya mereka dijadwalkan tiba di Makassar tanggal 2 November 2013," katanya.

Para jamaah haji asal Kota Ambon masuk dalam kelompok penerbangan (Kloter) 17 dari dua jatah Kloter yang diperuntukan bagi jamaah asal Provinsi Maluku sebanyak 569 orang.

Sedangkan situasi dan kondisi para jamaah haji asal Kota Ambon hingga hari ini semuanya sehat - sehat saja.

"Memang ada dua orang jamaah yang terganggu kesehatan beberapa hari sebelum melaksanakan wukuf di Arafah waktu itu tetapi setelah mendapat pemeriksaan kesehatan mereka diperbolehkan untuk melakukan wukuf di Arafah," ujarnya.

Menurut Ismail, jamaah haji asal Kota Ambon maupun Maluku secara umum selalu mendapat pemeriksaan kesehatan oleh Badan Pengelola Kesehatan Haji Indonesia (BPKHI) yang ada di Mekah.

"Saya selalu mendapat informasi tentang situasi dan kondisi para jamaah haji asal Kota Ambon dari Dokter Lella Muhiddin, anggota tim kesehatan yang ditunjuk Pemerintah Kota Ambon guna mendampingi para jamaah selama berada di tanah suci," katanya. 

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013