Komando daerah militer (Kodam) XV Pattimura bersama Kepolisian daerah (Polda) Maluku menggelar simulasi pengamanan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Maluku 2024.

"TNI siap membantu dan mendukung Kepolisian dalam upaya memastikan keamanan dan ketertiban pelaksanaan Pilkada Serentak  2024 di Provinsi Maluku," kata Pangdam XV Pattimura Mayjend TNI Syafrial di Ambon, Senin.

Hal itu disampaikan Pangdam XV/Pattimura  saat mendampingi Kapolda Maluku Irjen Pol Eddy Sumitro Tambunan memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Salawaku 2024 Polda Maluku, di Kota Ambon.

Menurut Pangdam, apel gelar pasukan ini menunjukkan sinergisitas TNI-Polri yang selalu solid dalam rangka pengamanan Pilkada serentak nantinya.

Pangdam mengajak seluruh pihak, untuk menyukseskan Pilkada serentak  2024 , guna mewujudkan visi misi Indonesia emas  2045 

Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota) oleh peserta apel gelar pasukan mencakup beberapa tahapan krusial dalam proses Pilkada, seperti pengawalan dan pengamanan bakal calon, masa tenang, pendistribusian logistik Pilkada, hingga penetapan calon terpilih.

Simulasi ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua pihak, termasuk TNI-Polri, siap merespon dengan cepat dan tepat dalam menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi baik situasi hijau yang menandakan kondisi normal, hingga situasi merah yang mengindikasikan adanya gangguan serius.

Sementara itu Kapolda Maluku Irjen Pol Eddy Tambunan mengatakan, melalui apel gelar ini Polda Maluku bersama TNI dan Pemerintah telah mempersiapkan personel, sarana dan prasarana operasi serta olah strategi dalam setiap tahapan Pilkada serentak 2024.

"Sehingga apabila berkembang isu negatif yang bersifat provokatif termasuk gangguan keamanan dapat diantisipasi dengan baik,"ujar Kapolda.

Kodam Pattimura bersama Polda Maluku mengerahkan personel gabungan sebanyak total 4.172 orang terdiri atas  Kepolisian 1.600 personel dan Kodam Pattimura sebanyak 2.562 untuk wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024