Yayasan Van Deventer Maas Indonesia (VDMI) memberikan beasiswa kepada sebanyak 70 mahasiswa dari Universitas Pattimura (Unpatti)  Ambon dan Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM).

"Penerima beasiswa dibekali dengan penguatan karakter dan pengembangan kualitas diri melalui pertemuan regional bersama VDMI," kata Ketua International Office Universitas Pattimura, Jonny Latuny, dalam keterangannya di Ambon, Rabu.

Dijelaskannya bahwa VDMI adalah yayasan swasta yang didanai oleh Van Deventer-Maas Stichting di Belanda.

Yayasan ini mendukung pendidikan pelajar muda berbakat Indonesia dengan menyediakan beasiswa, proyek pembangunan kapasitas dan pelatihan, dan hubungan alumni. Misi yayasan ini adalah untuk meningkatkan pengembangan moral, spiritual, dan intelektualitas masyarakat Indonesia.

"VDMI juga memiliki misi untuk mendorong penerima beasiswa dan alumni untuk saling belajar, berbagi, dan berdiskusi tentang ide, pengetahuan, dan keterampilan. Dengan memiliki rasa tanggung jawab sosial, VDMI dapat mendorong satu sama lain untuk menjadi lebih baik bagi masyarakat dan diri sendiri," jelasnya.

Karena itu, kata dia, diharapkan dengan beasiswa ini bisa menjadi motivasi dalam capaian akademik yang baik serta mendukung pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas di Maluku.

Sementara itu Executive Director of VDMI Parche Manoto menjelaskan bahwa tujuan dari pertemuan regional ini untuk membangun jejaring sesama penerima beasiswa VDMI dan calon penerima beasiswa.

"Dengan ini mereka bisa memahami dalam rangka pengembangan kapasitas diri, bagaimana mengontrol keseimbangan emosi, bagaimana menumbuhkan soft skilnya. Mereka juga akan belajar bagaimana mengatasi masalah dan lainnya,” kata dia.

“Sehingga diharapkan mahasiswa dapat membina dan berjuang untuk diri sendiri dalam meningkatkan kemampuan intelektual agar mampu menjadi manusia yang mandiri dan bermoral tinggi sesuai dengan visi Van Deventer-Maas Indonesia,” katanya lagi.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024