Ternate (Antara Maluku) - PT ASDP Cabang Ternate, Maluku Utara, membuka jalur penyeberangan kapal feri dari Ternate ke objek wisata Maitara, untuk memudahkan wisatawan yang akan berkunjung ke pulau itu.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Maluku Utara Taufik Madjid di Ternate, Sabtu mengatakan ASDP sudah menyiapkan kapal feri yang akan melayani rute Ternate-Pulau Maitara tersebut, yang pelayaran perdananya direncanakan pada akhir Maret.

Kapal yang akan melayani Ternate-Pulau Maitara tersebut rencananya tiga kali dalam seminggu, namun tidak terutup kemungkinan akan ditingkatkan menjadi tiap hari jika minat wisatawan, termasuk masyarakat yang ingin ke Pulau Maitara meningkat.

"Kapal feri yang akan melayani rute Ternate-Pulau Maitara tersebut berangkat dari Pelabuhan Bastiong Ternate dan sebelum bersandar di Pelabuhan Pulau Maitara akan memutar dulu mengelilingi pulau itu sehingga memudahkan bagi wisatawan untuk menyaksikan keindahannya," kata Taufik Madjid.

Jasa transportasi yang selama ini melayani rute Ternate-Pulau Maitara adalah speedboad sehingga cukup meyulitkan bagi masyarakat yang ingin ke pulau itu jika musim ombak besar, namun setelah adanya kapal feri kendala ini diharapkan dapat teratasi.

Ia mengatakan, ASDP pada 2014 ini juga akan membuka rute baru ke sejumlah pulau di Maluku Utara, seperti rute Ternate-Pulau Moti dan rute Ternate-Pulau Makian sehingga diharapkan semakin mendukung kelancaran mobilitas masyarakat di daerah itu.

Dinas Perhubungan Telekomunikasi dan Informatika Maluku Utara telah pula mengusulkan penambahan kapal feri dan kapal perintis ke Kementerian Perhubungan guna melayani berbagai pulau terutama yang selama ini belum memiliki layanan transportasi reguler yang memadai.

Ia menambahkan, pada 2014 ini Maluku Utara mendapat bantuan satu kapal perintis dari Kementerian Perhubungan yakni KM. Sabuk Nusantara yang melayani sejumlah pulau dan daerah pesisir di Malut serta sejumlah provinsi tetangga seperti Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014