Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca Indonesia pada Selasa umumnya berawan hingga hujan, sehingga masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca yang bisa berubah sewaktu-waktu.

Prakirawati BMKG Nurul Izzah Fitria melalui siaran prakiraan cuaca di Jakarta, Selasa, memaparkan cuaca di wilayah Pulau Sumatera, yang diawali dengan cuaca Banda Aceh yang diprakirakan udara kabur, kemudian Padang berawan tebal, dan Medan diprakirakan terjadi hujan dengan intensitas sedang, sementara hujan beserta kilat atau petir di Pekanbaru dan Tanjung Pinang.

"Masih berada di Pulau Sumatera, di Bengkulu cuaca umumnya berawan tebal, sementara di Jambi, Pangkal Pinang, Palembang, dan Bandar Lampung cuaca umumnya hujan dengan intensitas ringan," katanya.



Sementara di Pulau Jawa, ungkap Nur, cuaca di Serang dan Yogyakarta diprakirakan berawan, sementara Bandung, Jakarta, Semarang, dan Surabaya secara umum diprakirakan berawan tebal.

Kemudian di wilayah Bali dan Nusa Tenggara, lanjutnya, cuaca Denpasar, Mataram, dan Kupang secara umum diprakirakan berawan.

"Beralih ke Pulau Kalimantan, secara umum cuaca berpotensi hujan dengan intensitas ringan di Pontianak, Tanjung Selor, Samarinda, dan Banjarmasin. Sementara itu, perlu diwaspadai potensi hujan petir bagi sobat yang berada di wilayah Palangka Raya," ujarnya.

Di Pulau Sulawesi, Nur memaparkan secara umum juga diprakirakan terjadi potensi hujan ringan di Makassar, Palu, dan Kendari. Sementara, hujan dengan intensitas sedang diprediksi terjadi di Gorontalo.



"Waspadai potensi hujan lebat di Mamuju, serta terdapat potensi hujan disertai kilat maupun petir di Manado," jelasnya.

Menurut Nur, di wilayah timur Indonesia secara umum diprakirakan terjadi potensi hujan ringan di wilayah Manokwari, Jayapura, dan Merauke. Kemudian di Jayawijaya, Sorong, Ternate, dan Ambon diprakirakan terjadi hujan dengan intensitas sedang,

"Sementara itu, perlu diwaspadai adanya potensi hujan lebat di wilayah Nabire," tuturnya.

Nur mengingatkan masyarakat bahwa prakiraan tersebut merupakan gambaran umum cuaca di masing-masing wilayah.



Jika masyarakat hendak mengetahui prakiraan cuaca yang diperbarui setiap tiga jam sekali, masyarakat bisa memantaunya melalui aplikasi InfoBMKG yang bisa diunduh di Playstore maupun AppStore.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG prakirakan cuaca Indonesia berawan-hujan

Pewarta: Sean Filo Muhamad

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024