Pemuda Maluku Juniaty Huwae lolos mewakili Maluku di ajang wirausaha muda pemula tingkat nasional membawa nama perusahaan kreatif yang bergerak di bidang informasi dan teknologi.

"Jadi perusahaan yang saya dirikan bersama kawan-kawan yakni Moluccas kreatif development team bergerak bersama dinas-dinas sebagai pihak jasa untuk platform digital jasa website, konsultan IT dan sistem informasi lainnya," kata Juniaty Huwae di Ambon, Kamis.

Ia menuturkan bahwa perusahaannya yang lolos ke lima besar tingkat nasional itu aktif bergerak dalam pelatihan informasi dan teknologi (IT) untuk pegawai yang ada di lingkup instansi Pemprov Maluku serta program pemberdayaan pemuda Maluku.

"Sejak berdiri tahun 2022 bukan hanya di lingkup pemerintahan tetapi juga kepada anak-anak muda," tuturnya.

Ia menambahkan bahwa perusahaan ini juga sudah dipakai hingga ke Manokwari, Papua Barat untuk anak-anak muda setempat guna meningkatkan kecakapan digital mereka

"Tugas kami adalah bagaimana anak-anak muda turut terpedaya atas program kita. Sedangkan untuk lomba ini setelah melalui beberapa tahapan akhirnya kami terpilih dalam kategori lima besar tingkat nasional dan akan diseleksi ke tiga besar," jelasnya.

Ia berharap dengan hadirnya perusahaan yang didirikannya ini ke depannya lebih banyak lagi organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di Maluku bisa menggunakan jasa perusahaan itu serta dapat meningkatkan kecakapan digital generasi muda daerah.

Sementara itu Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Raden Isnanta dalam keterangan tertulis menyatakan ajang itu sebagai apresiasi dalam bentuk penghargaan kepada pemuda maupun aktivis kepenggerakan kewirausahaan pemuda.

Baik secara perorangan maupun lembaga, katanya, diberikan atas dasar usaha dan kerja aktif pada sektor pembangunan ekonomi kemasyarakatan serta telah menunjukkan hasil dengan memiliki potensi untuk berkembang.

"Proses yang dilakukan cukup selektif dalam memilih kandidat Wirausaha Muda Pemula (WMP) berprestasi dalam kategori individu dan Lembaga Layak Wirausaha Muda Pemula Tingkat Nasional Tahun 2024," tuturnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024