Ambon (Antara Maluku) - Musisi Glenn Fredly akan membantu promosi program Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon "Mangente Ambon" (datang dan kunjungi) tahun 2015.

"Musisi Glenn Fredly dan beberapa pihak lainnya yang tergabung dalam konsultan akan membantu promosi kegiatan `Mangente Ambon` yang dilakukan tahun 2015," kata Kepala Dinas Pariwisata setempat, Hendry Sopacua, Selasa.

Ia mengatakan, kesiapan Glenn Fredly bersama beberapa musisi lainnya telah dinyatakan melalui penyiapan materi musik sebagai bahan sosialisasi "Mangente Ambon".

Materi musik yang disiapkan akan dipakai sebagai bentuk promosi, yakni CD (compact disk) pendek yeng berisi kumpulan lagu.

"Sementara dari sisi pematangan acara kita buat jadwal konsultan dan tim akan mempresentasi persiapan kepada Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy di akhir Oktober," katanya.

Menurut Hendi, Glenn Fredly juga menyatakan konsepnya membangun Ambon sebagai kota musik dengan bersedia merayakan 20 tahun berkarir di Ambon, dengan melakukan konser musik.

"Sebagaimana konser musik yang dilakukan Glenn Fredly, maka di tahun 2015 akan dilakukan konser 20 tahun berkarir di dunia musik Indonesia," ujarnya

Dijelaskannya, program yang dicanangkan Wali Kota Richard Louhenapessy dan Wakil Wali Kota Sam Latuconsina itu diharapkan dapat menjadi kegiatan lokal berskala nasional dan internasional.

"Ambon akan menjadi tuan rumah sejumlah kegiatan pada tahun 2015 yang diharapkan dapat menjadi tahun kunjungan wisata," katanya.

Kalender kegiatan yang disiapkan berupa paket kunjungan wisata yang dimulai pada Januari yakni pesta rakyat kunci Januari, dilanjutkan dengan kegiatan tahunan Anzac day, pesta budaya timba laor, peringatan hari pahlawan nasional Pattimura, Darwin Ambon Yacht Race (DAYR) dan perayaan HUT Kota Ambon ke-440.

Selain itu, kegiatan berskala nasional seperti pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota seluruh Indonesia (Apeksi), Indonesia City Expo, pagelaran seni budaya nusantara dan karnaval budaya yang dilakukan pada Mei 2015.

Kegiatan lainnya di pertengahan tahun, yakni pertunjukan musik dan budaya, konser musik 20 tahun berkarir musisi Glenn Fredly, Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat Nasional.

"Ditunjang kegiatan lainnya karnaval budaya multi etnik, festival pukul sapu, perahu manggurebe, kuliner khas Ambon, festival racikan kopi tradisional daerah, dan gerak jalan Ambon," katanya.

Ditambahkannya, selain kegiatan budaya juga akan digelar seminar nasional dan internasional tentang Ambon Manise 2025 tentang adat istiadat negeri, best practice kota bertaraf internasional dengan pembicara Wali Kota Surabaya, Wali Kota darwin, Kyoto dan Pemerintah Vlissingen Belanda.

"Kegiatan sosial juga akan dilakukan berupa oprasi gratis katarak, bibir sumbing urologi, bedah kampung, penghijauan dan bersih teluk," kata Henri Sopacua.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014